Saturday, April 14, 2012

RPP Math SK 6 KD 6.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          :  SDN Mekar Jaya II
Hari/Tanggal/Pertemuan  :  Rabu, 18 Mei 2011/Ke-15
Kelas/Semester                :  I/2
Mata Pelajaran                 :  Matematika
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 menit (2 jp)

STANDAR KOMPETENSI :
6.   Mengenal bangun datar sederhana
KOMPETENSI DASAR :
6.1   Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
INDIKATOR :
6.1.1 Menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segi empat dan lingkaran.
6.1.2 Menjelaskan ciri-ciri segitiga, segi empat dan lingkaran dilihat dari banyak sisinya.
6.1.3 Mengggambarkan bangun datar bentuk segitiga, segi empat dan lingkaran.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini:
1.    Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segi empat dan lingkaran dengan tepat.
2.      Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri segitiga, segi empat dan lingkaran dilihat dari banyak sisinya dengan tepat.
3.      Siswa dapat menggambar bangun datar bentuk segitiga, segi empat dan lingkaran dengan benar.

B.     Materi Pokok Pembelajaran
Mengenal Bangun Datar Sederhana (segitiga, segi empat dan lingkaran)
Segitiga à bangun datar yang memiliki 3 sisi
Segi empat à bangun datar yang memiliki 4 sisi
Lingkaran à bangun datar yang memiliki 1 sisi
C.     Pendekatan, Metode dan Teknik
1.      Pendekatan à Tematik
2.      Metode à Inkuiri, Permainan

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.       Guru mempersiapkan alat dan media pembelajaran.
b.      Guru mengucapkan salam.
c.       Berdoa.
d.      Guru mengabsen siswa
e.       Guru memeriksa kesiapan siswa dalam memulai pelajaran.
f.       Guru bertanya kepada siswa apakah pernah mengetahui bangun datar yang berbentuk segitiga, segi empat dan lingkaran.
g.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
2.      Kegiatan Inti (50 menit)
a.       Siswa menyebutkan benda-benda di sekitar yang memiliki bentuk segitiga, segi empat dan lingkaran.
b.      Siswa diberikan gambar bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
c.       Siswa dipandu guru untuk menemukan perbedaan bentuk ketiga bangun.
d.      Siswa diberikan beberapa gambar  bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran dengan garis putus-putus.
e.       Siswa menggambar bangun-bangun tersebut dengan mempertebal garis putus-putus tersebut.
f.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa.
g.      Tiap kelompok dibagikan 1 puzzle bangun datar.
h.      Bersama dengan kelompoknya, siswa menyusun kepingan puzzle yang sudah dilepas dari papan secara acak.
i.        Kelompok yang pertama kali dapat menyusun puzzle merupakan pemenangnya.

3.      Kegiatan Akhir (10 menit)
a.       Kesimpulan : “Guru menegaskan kembali ciri-ciri bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran dilihat dari banyak sisinya”.
b.      Evaluasi
c.       Refleksi
d.      Salam

E.     Penilaian
1.      Jenis Penilaian             : tertulis
2.      Bentuk Penilaian         :  isian
3.      Soal                             : terlampir
4.      Kunci Jawaban            : terlampir
5.      Pedoman Penilaian      : terlampir

F.      Sumber Belajar
1.      Media                :  puzzle yang bergambarkan bentuk bangun datar, yaitu segitiga sama sisi, segitiga siku-siku, segitiga sebarang, persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, jajargenjang, trapesium, lingkaran. (Puzzle terbuat dari sterofoam).
2.      Buku Sumber    :  Sidi, Purnomo. 2008. Matematika 1: untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.

No comments:

Post a Comment