Monday, April 23, 2012

RPP Math SK 5 KD 5.1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah              : SD N 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran   : Matematika
Kelas / Semester : III/II
Alokasi waktu    : 1 X 35 menit

I.              Standar Kompetensi      :
5. Menghitung masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi
    panjang.

II.           Kompetensi dasar          :
5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi
      panjang.

III.        Indikator :
5.3.1 Membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.2 Mengurutkan berbagai bangun persegi dan persegi panjang berdasarkan luasnya.
5.3.3 Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
IV.        Tujuan pembelajaran:
1.             Siswa dapat membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
2.             Siswa dapat mengurutkan berbagai bangun persegi dan persegi panjang berdasarkan luasnya..
3.             Siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.

V.           Materi Ajar:
Keliling dan luas bangun datar sederhana.

VI.        Metode pembelajaran:
Cooperative Learning

VII.     Teknik Pengajaran:
1.             Diskusi
2.             Tanya jawab
3.             Penugasan

VIII.     Media
1.             Bangun datar yang berbentuk persegi & persegi panjang dengan berbagai ukuran yang terbuat dari kertas karton yang dilapisi kertas warna (asturo).

IX. Langkah Kegiatan
1.      Kegiatan awal
·         Salam dan doa pembuka
·         Guru bertanya kepada siswa tentang bangun datar apa saja yang telah di jumpai anak-anak, dan apakah bentuknya?
2.      Kegiatan  inti
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa yang ada di dalam kelas, dan guru memberikan instruksi untuk kelompok.
·         Bersama kelompok, siswa menentukan keliling dan luas beberapa bangun datar persegi dan persegi panjang yang di tunjukkan oleh guru (di bagikan pada setiap kelompok).
·         Beberapa siswa maju untuk menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapinya.
·         Dengan bimbingan guru, siswa membandingkan dan mengurutkan bangun dari yang terluas atau sebaliknya.
·         Guru memberikan lembar kerja yang berupa soal cerita kepada siswa.
·         Siswa mengerjakan lembar kerja.
·         Guru dan siswa membahas lembar kerja.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan soal evaluasi untuk dikerjakan siswa.
·         Siswa mengerjakan soal tentang mengukur keliling dan luas persegi dan persegi panjang yang diberikan oleh guru.
·         Guru bersama siswa membahas soal evaluasi.
·         Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang baru saja dilakukan.
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·         Doa penutup.

X.    Penilaian
1.      Penugasan
2.      Tanya jawab
3.      Soal cerita

No comments:

Post a Comment