Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah :
SD N 1 Yogyakarta
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : III/II
Alokasi waktu
: 1 X 35 menit
I.
Standar Kompetensi :
5. Menghitung masalah yang berkaitan dengan
keliling, luas persegi
dan persegi
panjang.
II.
Kompetensi dasar :
5.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling, luas
persegi dan persegi
panjang.
III.
Indikator :
5.3.1 Membandingkan luas
berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.2 Mengurutkan berbagai
bangun persegi dan persegi panjang
berdasarkan luasnya.
5.3.3 Memecahkan
masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
‘
IV.
Tujuan
pembelajaran:
1.
Siswa dapat
membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
2.
Siswa dapat mengurutkan
berbagai bangun persegi dan persegi panjang
berdasarkan luasnya..
3.
Siswa dapat memecahkan masalah yang
berhubungan dengan keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
V.
Materi Ajar:
Keliling dan luas bangun datar sederhana.
VI.
Metode pembelajaran:
Cooperative
Learning
VII.
Teknik
Pengajaran:
1.
Diskusi
2.
Tanya
jawab
3.
Penugasan
VIII.
Media
1.
Bangun
datar yang berbentuk persegi &
persegi panjang dengan berbagai ukuran
yang terbuat dari kertas karton yang dilapisi kertas warna (asturo).
IX. Langkah
Kegiatan
1. Kegiatan awal
·
Salam dan doa pembuka
·
Guru bertanya kepada
siswa tentang bangun datar apa saja yang telah di jumpai anak-anak, dan apakah bentuknya?
2. Kegiatan inti
·
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa
yang ada di dalam kelas,
dan
guru memberikan instruksi untuk kelompok.
·
Bersama kelompok, siswa menentukan keliling dan luas beberapa
bangun datar persegi dan persegi panjang yang di tunjukkan oleh guru (di bagikan pada setiap
kelompok).
·
Beberapa siswa maju
untuk menyampaikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapinya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa membandingkan
dan mengurutkan bangun dari yang terluas atau sebaliknya.
·
Guru memberikan
lembar kerja yang berupa soal cerita kepada siswa.
·
Siswa
mengerjakan lembar kerja.
·
Guru dan siswa
membahas lembar kerja.
3. Kegiatan
Penutup
·
Guru memberikan soal evaluasi untuk dikerjakan siswa.
·
Siswa mengerjakan soal tentang mengukur keliling dan luas persegi dan persegi
panjang yang diberikan oleh guru.
·
Guru
bersama siswa membahas soal evaluasi.
·
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab tentang pelajaran yang baru saja dilakukan.
·
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
·
Doa penutup.
X.
Penilaian
1. Penugasan
2. Tanya jawab
3. Soal
cerita
No comments:
Post a Comment