Friday, April 13, 2012

RPP Math SK 3 KD 3.3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                : SD
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas/ Semester                     : III/ Genap

A.    Standar Kompetensi :
3.      Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar :
3. 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.

C.    Indikator :
3. 3. 1. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan.
3. 3. 2. Menuliskan kalimat matematika dari soal cerita yang dikerjakan.

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan.
·         Siswa dapat menuliskan kalimat matematika dari soal cerita yang dikerjakan.

E.     Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

F.     Media dan Sumber Bahan :
·         Media Pembelajaran :
1.      Papan pecahan dari kertas karton
2.      Papan tulis
3.      Kapur tulis
·         Sumber Pembelajaran :
1.      Buku Paket Matematika Kelas III
2.      LKS Matemetika Kelas III
3.      Pengalaman sehari-hari
G.    Materi Pokok :
·         Pecahan sederhana

H.    Langkah Kegiatan Pembelajaran :
                          I.            Kegiatan Awal :
·         Memulai pelajaran dengan berdoa
·         Guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas (misal di ruang terbuka). Siwa dikondisikan untuk duduk di lantai berbentuk letter “U”.

·         Guru bersama-sama dengan siswa menyanyikan lagu agar lebih bersemangat. Misalnya:
“Kalau kau mau pintar ayo belajar. SEMANGAT! 2x
Kalau kau mau pintar, ayo kita belajar.
Kalau kau mau pintar ayo belajar. SEMANGAT!”
·         Guru menerangkan tujuan pembejalaran.
                        II.            Kegiatan Inti :
·         Penggalan I :
1.      Guru bertanya pengalaman siswa yang berkaitan dengan pecahan. Misalnya ketika Ibu memotong tali, kue atau buah.
2.      Guru memberi permasalahan yang berkaitan dengan pecahan dalam bentuk soal cerita lalu meminta siswa untuk mendiskusikannya dengan teman sebelah.
Contoh soal:
“Kakak mempunyai pita sepanjang  bagian. Pita kakak yang  bagian dipotong lalu diberikan kepada Adik. Berapa bagian sisa pita Kakak sekarang?”
3.      Guru meminta pendapat siswa tentang cara memecahkan masalah pada soal tersebut.
4.      Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal tersebut dengan alat peraga berupa papan pecahan.
Terlebih dahulu guru menampilkan papan pecahan yang bernilai  .



Lalu di atas papan diberi bidang berwarna yang masing-masing bidangnya bernilai  sebanyak 3 buah.








 Menjadi:

Kemudian guru mengambil bidang berwarna yang bernilai  sebanyak 1 buah karena dalam soal pita Kakak dipotong  bagian.



                                                              diambil
Guru meminta siswa melihat dan menghitung berapa bagian sisa pita Kakak sekarang.



Ternyata sisa pita Kakak sekarang adalah  bagian.
·         Penggalan II :
1.      Guru menjelaskan tentang cara menuliskan kalimat matematika dari soal cerita pada Penggalan I.




Panjang pita semula adalah  bagian.




                        diambil
Lalu diambil  bagian.




Panjang pita Kakak sekarang adalah  bagian.

Jadi, kalimat matematikanya adalah
 bagian dikurangi  bagian sama dengan  bagian.
 -  =
·         Penggalan III :
1.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok (1 kelompok beranggotakan 5 siswa).
2.      Guru memberi soal dan alat peraga papan pecahan mini pada setiap kelompok. Siswa diminta bekerja sama untuk menyelesaikan soal-soal.
Contoh soal:
“Ibu memiliki tali rafia sepanjang  bagian. Ayah memiliki  bagian tali rafia. Karena Ibu kekurangan tali rafia maka Ayah memberikan semua bagian tali rafianya kepada Ibu. Berapa bagiankah panjang tali rafia ibu sekarang?”
3.      Siswa diminta menyelesaikan soal tersebut dengan bantuan alat peraga yang sudah disediakan lalu menulis kalimat matematika dari soal tersebut.
Penyelesaian :








Panjang tali rafia Ibu semula adalah  bagian








                                                                                                                ditambah
Ditambah  bagian tali rafia milik ayah








Panjang tali Ibu sekarang adalah  bagian.
Jadi, kalimat matematikanya adalah
 bagian ditambah  bagian sama dengan  bagian.
 +  =
4.      Salah satu kelompok siswa diminta untuk memaparkan hasil kerja kelompoknya di depan temn-temannya.
·         Penggalan IV :
1.      Guru beserta siswa menyimpulkan inti materi yang dipelajari.
                     III.            Kegiatan Penutup :
·         Mengumpulkan lembar hasil kerja kelompok.
·         Menutup pelajaran dengan berdoa.

I.       Metode Pembelajaran :
·         Contextual Teaching Learning (CTL)
·         Cooperative Learning

J.      Penilaian :
·         Tes :
-          Lembar Kerja Siswa
-          Evaluasi (Ulangan Harian)
·         Non Tes :
-          Penilaian proses kerja kelompok

No comments:

Post a Comment