Friday, April 6, 2012

Perencanaan Pembelajaran

CONTOH PEMBUATAN INDIKATOR, TUJUAN & EVALUASI PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN TAKSONOMI BLOOM



·      Mata Pelajaran           : Matematika
·      Kelas                            : III
·      Semester                       : 2
·      Standar Kompetensi   :
Geometri dan Pengukuran
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
·      Kompetensi Dasar      :
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
·      Indikator Kognitif      :
Ø Remember    : Menyebutkan macam-macam bangun datar sederhana.
Ø Understand : Menjelaskan pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran.
Ø Apply           : Memberikan contoh benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga,
                       dan lingkaran di lingkungan rumah.
Ø Analize syntesis : Menggolongkan jenis-jenis segiempat dan segitiga.
Ø Evaluate       : Menemukan perbedaan bangun datar sederhana berdasarkan jumlah sisi
                       dan jumlah sudutnya.
Ø Create           : Merancang ide pembuatan karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga,
                       dan lingkaran.

·      Indikator Afektif        :
Ø Bekerjasama dalam kegiatan pembuatan karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran.

·      Indikator Psikomotorik   :
Ø Membuat karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran.

·      Tujuan Pembelajaran Kognitif   :
Ø Siswa    mampu menyebutkan    3 macam    bangun datar sederhana
   A                     B                             D                   Content
melalui diskusi kelompok.
          Condition
Ø Siswa    dapat menjelaskan    pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran
   A                    B                                              Content
dengan kalimatnya sendiri    melalui diskusi kelompok.
                     D                                 Condition
Ø Siswa    dapat memberikan    minimal 3 contoh    benda-benda yang berbentuk
   A                    B                               D                                                Content
segiempat, segitiga, dan lingkaran di lingkungan rumah    tanpa melihat buku.
                           Content                                                           Condition
Ø Siswa    dapat menggolongkan    3 jenis    segiempat dan segitiga    melalui diskusi kelompok.
   A                       B                       D                    Content                              Condition
Ø Siswa    mampu menemukan    2    perbedaan bangun datar sederhana berdasarkan jumlah sisi
 A                    B                     D                                             Content
dan jumlah sudutnya    tanpa melihat buku.
        Content                                    Condition
Ø Siswa    mampu merancang    1 ide    karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga,
   A                  B                     D                                                            Content
atau lingkaran    melalui kerja kelompok.
                                      Condition

·      Tujuan Pembelajaran Afektif
Ø Siswa    mampu bekerjasama selama pembuatan    1    karya sederhana yang berbentuk
   A                                        B                                 D              Content
segiempat, segitiga, atau lingkaran    melalui kerja kelompok.
                     Content                                  Condition

·      Tujuan Pembelajaran Psikomotorik
Ø Siswa    mampu membuat    1    karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau
      A                   B                   D                                      Content
lingkaran    melalui kerja kelompok.
                            Condition

·      Bentuk Evaluasi
Ø Kognitif
1.        Sebutkan tiga macam bangun datar sederhana!
2.        Jelaskan pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran!
3.        Sebutkan tiga contoh benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga, dan lingkaran yang ada di lingkungan rumahmu!
4.        Sebutkan 3 jenis segi empat dan 3 jenis segitiga yang kamu ketahui!
5.        Tulislah dua perbedaan dari masing-masing bangun datar jika dilihat dari jumlah sisi dan sudutnya!
6.        Buatlah satu rancangan ide karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran!

Ø Afektif
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai
Partisipasi anggota kelompok
Kekompakan
1





2





3





4





5





dst





Kriteria Penilaian :
            Partisipasi anggota kelompok :
o  Berpartisipasi aktif          skor 4
o  Berpartisipasi                  skor 3
o  Cukup berpartisipasi       skor 2
o  Kurang berpartisipasi      skor 1 
Kekompakan :
o  Sangat kompak           skor 4
o  Kompak                      skor 3
o  Cukup kompak           skor 2
o  Kurang kompak          skor 1
Nilai :
o  7-8 = A
o  5-6 = B
o  3-4 = C
o  < 3 = D

Ø Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai
Kesesuaian karya dengan materi
Kerapian karya
1





2





3





4





5





dst





Kriteria Penilaian :
            Partisipasi anggota kelompok :
o  Sangat sesuai                  skor 4
o  Sesuai                              skor 3
o  Cukup sesuai                   skor 2
o  Kurang sesuai                 skor 1
Kekompakan :
o  Sangat rapi                 skor 4
o  Rapi                            skor 3
o  Cukup rapi                  skor 2
o  Kurang rapi                skor 1
Nilai :
o  7-8 = A
o  5-6 = B
o  3-4 = C
o  < 3 = D


No comments:

Post a Comment