CONTOH PEMBUATAN INDIKATOR, TUJUAN & EVALUASI PEMBELAJARAN SESUAI DENGAN TAKSONOMI BLOOM
· Mata Pelajaran : Matematika
· Kelas : III
· Semester : 2
· Standar Kompetensi :
Geometri dan Pengukuran
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
· Kompetensi Dasar :
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
· Indikator Kognitif :
Ø Remember : Menyebutkan macam-macam bangun datar sederhana.
Ø Understand : Menjelaskan pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran.
Ø Apply : Memberikan contoh benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga,
dan lingkaran di lingkungan rumah.
Ø Analize syntesis : Menggolongkan jenis-jenis segiempat dan segitiga.
Ø Evaluate : Menemukan perbedaan bangun datar sederhana berdasarkan jumlah sisi
dan jumlah sudutnya.
Ø Create : Merancang ide pembuatan karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga,
dan lingkaran.
· Indikator Afektif :
Ø Bekerjasama dalam kegiatan pembuatan karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran.
· Indikator Psikomotorik :
Ø Membuat karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran.
· Tujuan Pembelajaran Kognitif :
Ø Siswa mampu menyebutkan 3 macam bangun datar sederhana
A B D Content
melalui diskusi kelompok.
Condition
Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran
A B Content
dengan kalimatnya sendiri melalui diskusi kelompok.
D Condition
Ø Siswa dapat memberikan minimal 3 contoh benda-benda yang berbentuk
A B D Content
segiempat, segitiga, dan lingkaran di lingkungan rumah tanpa melihat buku.
Content Condition
Ø Siswa dapat menggolongkan 3 jenis segiempat dan segitiga melalui diskusi kelompok.
A B D Content Condition
Ø Siswa mampu menemukan 2 perbedaan bangun datar sederhana berdasarkan jumlah sisi
A B D Content
dan jumlah sudutnya tanpa melihat buku.
Content Condition
Ø Siswa mampu merancang 1 ide karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga,
A B D Content
atau lingkaran melalui kerja kelompok.
Condition
· Tujuan Pembelajaran Afektif
Ø Siswa mampu bekerjasama selama pembuatan 1 karya sederhana yang berbentuk
A B D Content
segiempat, segitiga, atau lingkaran melalui kerja kelompok.
Content Condition
· Tujuan Pembelajaran Psikomotorik
Ø Siswa mampu membuat 1 karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau
A B D Content
lingkaran melalui kerja kelompok.
Condition
· Bentuk Evaluasi
Ø Kognitif
1. Sebutkan tiga macam bangun datar sederhana!
2. Jelaskan pengertian segiempat, segitiga, dan lingkaran!
3. Sebutkan tiga contoh benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga, dan lingkaran yang ada di lingkungan rumahmu!
4. Sebutkan 3 jenis segi empat dan 3 jenis segitiga yang kamu ketahui!
5. Tulislah dua perbedaan dari masing-masing bangun datar jika dilihat dari jumlah sisi dan sudutnya!
6. Buatlah satu rancangan ide karya sederhana yang berbentuk segiempat, segitiga, atau lingkaran!
Ø Afektif
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah | Nilai | |
Partisipasi anggota kelompok | Kekompakan | ||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
dst | | | | | |
Kriteria Penilaian :
Partisipasi anggota kelompok :
o Berpartisipasi aktif skor 4
o Berpartisipasi skor 3
o Cukup berpartisipasi skor 2
o Kurang berpartisipasi skor 1
Kekompakan :
o Sangat kompak skor 4
o Kompak skor 3
o Cukup kompak skor 2
o Kurang kompak skor 1
Nilai :
o 7-8 = A
o 5-6 = B
o 3-4 = C
o < 3 = D
Ø Psikomotorik
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah | Nilai | |
Kesesuaian karya dengan materi | Kerapian karya | ||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
dst | | | | | |
Kriteria Penilaian :
Partisipasi anggota kelompok :
o Sangat sesuai skor 4
o Sesuai skor 3
o Cukup sesuai skor 2
o Kurang sesuai skor 1
Kekompakan :
o Sangat rapi skor 4
o Rapi skor 3
o Cukup rapi skor 2
o Kurang rapi skor 1
Nilai :
o 7-8 = A
o 5-6 = B
o 3-4 = C
o < 3 = D
No comments:
Post a Comment