Friday, April 13, 2012

RPP Math SK 4 KD 4.4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : Sanata Dharma
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : I/ 2
Alokasi Waktu            : 1x20 menit
Tahun Pelajaran           : 2010/ 2011

A.    Standar Kompetensi :
4.  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar     :
4.4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

C.    Indikator                    :
4.4.1.Melakukan penjumlahan bersusun bilangan dua angka tanpa teknik menyimpan
4.4.2.Melakukan pengurangan bersusun bilangan dua angka tanpa teknik menyimpan

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari meteri ini, diharapkan :
1.      Siswa mampu melakukan penjumlahan bersusun bilangan dua angka dtanpa teknik menyimpan
2.      Siswa mampu melakukan pengurangan bersusun bilangan dua angka tanpa teknik menyimpan

E.     Materi Pembelajaran
·         Penjumlahan bilangan dua angka
·         Pengurangan bilangan dua angka

F.     Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Penugasan

G.    Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan awal
a.   Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan berdoa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas.
b.      Apersepsi : permainan penjumlahan dan pengurangan permen.
c.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.  Guru mengingatkan siswa mengenai pelajaran atau materi sebelumnya tentang nilai tempat puluhan dan satuan.

2.      Kegiatan inti
a.       Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.
b.      Guru membagikan media pembelajaran yaitu dekak-dekak pada setiap kelompok.
c.    Guru memberikan penjelasan bagaimana penggunaan dekak-dekak dalam operasi penjumlahan dan pengurangan.
d.  Guru memberikan contoh cara menggunakan dekak-dekak dalam operasi penjumlahan. Contoh : 21 + 31 = .....
Dalam menggunakan dekak-dekak, siswa juga diharapkan mampu menentukan nilai tempat puluhan dan satuan. Angka 2 pada bilangan 21 memiliki nilai tempat puluhan serta angka 1 pada bilangan 21 memiliki nilai tempat satuan.

            Manik berwarna biru memiliki nilai tempat puluhan dan manik berwarna merah memiliki nilai 
           tempat satuan. Bilangan 21 = 2 puluhan + 1 satuan. Pada dekak-dekak ditambahkan 31 = 3 
           puluhan + 1 satuan ( manik biru ditambahkan 3 dan manik merah ditambahkan 1). 
           Jadi, 21 + 31 = 52.


 
       Begitu juga dengan operasi pengurangan, hanya mengambil atau mengurangi manik-manik. 
       Contoh : 31 – 21 =....
      Manik-manik berwarna biru ada 3 berarti 3 puluhan, manik merah ada 1 berarti 1 satuan. Pada 
    operasi pengurangan, manik berwarna biru dikurangi 2 manik dan manik berwarna merah 
    dikurangi 1 manik. Jadi hasil pengurangannya yaitu 31 – 21 = 10. 

  e.          Setelah menggunakan dekak-dekak, guru memindahkannya dalam teknik bersusun.
f.       Setelah siswa mencoba sendiri menggunakan dekak-dekak. Guru memberikan lembar kerja siswa. Siswa mengerjakannya dalam kelompok yang sudah terbentuk serta menyelesaikannya menggunakan dekak-dekak yang sudah dibagikan pada masing-masing kelompok.
g.      Setelah selesai mengerjakan lembar kerja. Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil pekerjaan siswa.

3.      Penutup
a.       Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan dari meteri yang telah dibahas.
b.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah oleh siswa.
c.       Mengakhiri pelajaran dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas menurut agama dan kepercayaan masing-masing siswa.

  H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Dekak-dekak
2.      Buku Matematika kelas 1 semester 2

 I.       Penilaian
·         Lembar kerja siswa ( terlampir )

No comments:

Post a Comment