Friday, April 13, 2012

RPP Math SK 4 KD 4.2


RENCANA PROSES PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :Sekolah Dasar
Kelas / Semester          : 3 / II ( Dua )
Matapelajaran              : Matematika

Standar Kompetensi
            4. Memahami unsur dan sifat – sifat bangun datar sederhana
Kompetensi Dasar
            4.2 Mengidentifikasi berbaga jenis sudut dan besar sudut
Indikator
            4.2.1 Mengetahui pengertian sudut
            4.2.2 Mengetahui jenis – jenis sudut
            4.2.3 Mengurutkan besar sudut
            4.2.4 Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
            4.2.5 Menggambar sudut satu, setengah, dan seperempat putaran.
Tujuan Pembelajaran
            Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat :
1.      Mengetahui pengertian sudut
2.      Mengetahui jenis – jenis sudut
3.      Mengurutkan besar sudut
4.      Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
5.      Menggambar sudut satu, setengah, dan seperempat putaran.
Kegiatan Pembelajaran
è Kegiatan Awal :
1.      Guru dan siswa bersama – sama berdoa untuk membuka pelajaran matematika
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Guru dan siswa menyanyi lagu ‘PERGI SEKOLAH”

è Kegiatan Inti
1.      Guru mengajak siswa mengamati bangun datar yang ada di ruangan kelas, kemudian guru menjelaskan apa yang dimaksud degan sudut.
2.      Siswa mendiskripsikan penertian sudut berdasar bangun datar yang ditemukan di ruang kelas menggunakan bahasa yang sederhana.
3.      Guru mengajak siswa bermain kartu sudut dengan membagi kelas menjadi 6 kelompok
4.      Guru membagi masing –masing kelompok satu kartu sudut dan siswa dalam kelompok diminta untuk mengurutkan besar sudut dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya berdasar gambar pada kartu.
5.      Guru menjelaskan macam – macam sudut
6.      Siswa menggunakan kartu sudut mengelompokkan kartu tersebut kedalam kelompok macam – macam sudut.
7.      Guru menunjukkan alat peraga jam  multifungsi untuk menjelaskan tentang sudut sebagai jarak putar.
8.      Guru meminta perwakilan satu anak pada tiap – tiap kelompok untuk memutar  jam sejauh satu putaran, setengah putaran, atau seperempat putaran, kemudian guru memberi penjelasan tentang sudut sebagai jarak putar.
9.      Siswa menggambar sudut satu, setengah dan seperempat putaran pada buku tugasnya masing – masing.

è Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan tentang pengertian sudut,  jenis – jenis sudut, dan sudut sebagai jarak putar.
2.      Guru membagikan lembar evaluasi
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
Materi Pokok   : Sudut
Metode                        : 1. Ceramah
2. Kontekstual
3. Diskusi
Alat Peraga      :
1.      Jam multifungsi
2.      Busur derajat
3.      Kartu sudut
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.       Menjelaskan pengertian sudut
2.       Mengurutkan besar sudut menurut ukurannya
3.       Menyebutkan macam – macam sudut
4.       Menggambar sudut satu, setengah dan seperempat putaran

Tes tertulis


uraian
isian
1.       Sudut ialah........
2.      
a            b          c        d 
urutan sudut dari yang terkecil hingga terbesar adalah......
3.       Sudut digolongkan menjadi 3 macam yaitu.......
4.       Gambarkan sudut satu putaran sebanyak tiga buah dengan jarak putar yang berbeda!.

Sumber Bahan : Fajariyah, Nur. Cerdas Berhitung Metematika 3. 2008. Depdiknas : Jakarta.

No comments:

Post a Comment