Friday, April 13, 2012

RPP Math SK 1 KD 1.5


Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan

Satuan Pendidikan                  : SD K Demangan Baru
Hari/Tanggal/Pertemuan          : Rabu/18 mei 2011/ 6
Kelas/Semester                       : III/1
Mata pelajaran Terkait            : Matematika
Unit/Tema                               : Uang dalam keseharian
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit (2 jp)

I.                   Standar Kompetensi: Melakukan Operasi Hitung bilangan sampai tiga angka

II.                Kompetensi dasar: 1.5 memecahkan masalah perhitungan termasuk yang           berkaitan dengan uang


III.             Indikator: 1.   Menulis nilai uang rupiah
2.     Menghitung jumlah harga sekumpulan barang
            Tujuan Pembelajaran:
1.    Dengan melihat contoh uang, siswa dapat menulis nilai uang rupiah
2.    Dengan bermain koperasi kecil, siswa dapat menghitung jumlah harga sekumpulan barang

IV.             Materi Pokok : Uang dalam keseharian
a.       Penulisan Nilai Uang Rupiah
• Di baca “ seribu rupiah” di tulis Rp.1.000,00
• Di baca “ lima ribu rupiah” ditulis Rp.5.000,00
• Di baca “ sepuluh ribu rupiah” ditulis Rp.10.000,00
• Di baca “ dua puluh ribu rupiah” ditulis Rp.20.000,00
• Di baca “ lima puluh ribu rupiah” ditulis Rp.50.000,00
• Di baca “ seratus ribu rupiah” ditulis Rp.100.000,00
b.      Menaksir Jumlah Harga Sekumpulan Barang
Pada suatu hari ayah Tono berbelanja ke toko.barang yang dibelikan adalah sebagai berikut :
 1 kaleng kue kering harga      Rp. 10.000,00
 2 kg gula harga                       Rp. 10.000,00
 25 kg beras harga                   Rp. 100.000.00
 ½ kg kopi harga                     Rp.10.000,00
 2 batang coklat harga             Rp.20.000,00
Jumlah =          Rp.150.000,00

V.        Metode Pembelajaran: Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah

VI.      Langkah- Langkah Kegiatan
a.    Kegiatan Awal (10 menit)
-       Apersepsi: Guru bertanya kepada siswa “siapa yang pernah ikut Ibu belanja ke pasar?” kemudian guru memberikan pertanyaan lanjutan “barang apa saja yang dibeli oleh Ibu kalian?”, setelah siswa menjawab guru mengajukan pertanyaan lanjutan “ berapa harga barang- barang itu?”.
-       Guru mengajak siswa memperhatikan beberapa barang yang di pajangkan didepan kelas yang telah ditulis harganya.
-       Guru menanyakan kepada siswa mengenai barang tersebut “Barang manakah yang harganya lebih murah?dan barang manakah yang harganya paling mahal?”
-       Guru menyampaikan topic pembelajaran,Anak- anak hari ini kita akan mempelajari tentang uang”
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran,” Dalam pembelajaran hari ini, ibu harap kalian bisa menuliskan nilai uang rupiah dan menghitung harga dari beberapa barang”.
b.    Kegiatan inti (45 menit)
-       Guru menunjukkan beberapa contoh uang kepada siswa.
-       Guru bertanya kepada siswa, “siapa yang tahu nilai uang ini?” sambil menunjukkan contoh salah satu uang kepada siswa.
-       Guru menjelaskan tentang cara penulisan uang beserta cara bacanya.
-       Guru menjelaskan tentang cara menghitung jumlah harga dari beberapa barang.
-       Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok @ 5 orang siswa
-       Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan barang- barang yang akan dipajangkan dikoperasi kelompok. Setiap barang diberi harga.
-       Guru membagikan beberapa lembar uang kepada setiap kelompok.
-       Guru menjelaskan kepada setiap kelompok agar mambagi tugas kepada anggota kelompoknya. 2 orang anggota kelompok bertugas untuk menjaga koperasi dan 3 orang lainnya bertugas untuk mengunjungi koperasi dari kelompok lain. Saat mengunjungi koperasi kelompok lain, setiap siswa wajib untuk mencatat harga dari setiap barang, melakukan pembelian dan mencatat harga barang yang dibeli dan uang sisa pembeliannya.
-       Masing- masing kelompok mempersentasikan hasil kerjanya, kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan.
c.    Kegiatan akhir (15 menit)
-       Guru memberikan evaluasi  (Soal terlampir)
-       Siswa di dampingi guru membuat kesimpulan
-       Guru memberi tindak lanjut berupa tugas rumah untuk mengamati saat ibu belanja sayuran saat ibu belanja sayuran berapa uang yang dibutuhkan oleh ibu
-       Siswa bersama guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
-       Salam penutup

VII.          Penilaian: Tertulis
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
1.                               1.     
 Tentukan nilai sekelompok mata uang di atas!
2.       Uang Sinta adalah 4 lembar lima ribuan, 5 lembar lima ratusan, dan10lembar seratusan.Berapa rupiahkah uang Sinta?
3.      Uang Rudi adalah 1 lembar sepuluh ribuan ditukar dengan uang lima ratusan.Berapa lembarkah uang yang diperoleh Rudi?
4.      Uang Lita adalah 2 lembar lima ribuan dibelikan buku seharga Rp6.500,00. Berapa rupiahkah uang kembaliannya?
5.      Harga sebuah jeruk adalah Rp1.750,00. Ibu membeli 5 buah. Berapa rupiahkah ibu harus membayar?
6.      Uang Bibi adalah 1 lembar dua puluh ribuan dan 1 lembar sepuluh ribuan. Dibelikan gula pasir mendapat 5 kg. Berapa harga 1 kg gula pasir?
7.     
Tentukan nilai sekelompok mata uang di atas!                  
8.      Uang Doni adalah 3 lembar lima ribuan. Uang tersebut dibelikan buku seharga Rp12.500,00. Berapa rupiah uang kembaliannya?
9.      Uang Hasan adalah Rp30.000,00. Uang itu dibelanjakan sebesar Rp18.000,00. Berapa rupiahkah uang kembaliannya?
10.   Bu Gina mempunyai 2 lembar uang lima ribuan. Uang itu dibagikan kepada 10 anak. Berapa uang yang diterima tiap anak?
Kunci Jawaban
1.      Dua puluh satu ribu rupiah
2.      Rp 23.000,00
3.      20 lembar
4.      Rp 3.500,00
5.      Rp 8.750,00
6.      Rp 6.000,00
7.      Rp 16.500,00
8.      Rp 2.500,00
9.      Rp 12.00,00
10.  Rp 1.000,00

VIII.       Sumber dan Media Pembelajaran
a.      Buku sumber: Fajariyah, nur dan Triratnawati, defi. 2008. Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD/ MI Kelas 3. Jakarta: Depdiknas halaman: 73-90
b.      Media: model uang, macam-macam alat tulis

No comments:

Post a Comment