Friday, December 23, 2011

Indonesia-ku (PKn)


1.             Sebutkan satu hal yang paling Anda banggakan dari bangsa dan Negara kita saat ini!
Saya bangga punya budaya.
Menurut saya, budaya adalah identitas bangsa. Dengan menyadari identitas diri dan bangga terhadap budaya sendiri, kita akan tahu bagaimana cara mengembangkan/ memajukan bangsa dan Negara ini. Di Negara ini, banyak dijumpai sikap yang bangga terhadap materi (sumber daya). Saya rasa hal tersebut salah karena sebanyak apapun materi yang dimiliki, jika kita tidak menyadari identitas diri dan tidak memiliki rasa bangga pada budaya maka kita tidak akan bisa memanfaatkan materi dengan baik.

2.             Sebutkan satu hal yang paling Anda prihatinkan dengan kondisi bangsa dan Negara saat ini!
Hal yang paling saya prihatinkan dengan kondisi bangsa dan Negara saat ini adalah masalah korupsi. Akhir-akhir ini banyak kasus korupsi yang mulai terkuak di tanah air, mulai dari korupsi di lingkungan sipil (Ditjen Pajak) seperti Gayus hingga korupsi yang terjadi di lingkungan wakil rakyat (DPR) seperti Nazaruddin. Mengapa korupsi menjadi hal yang sangat memprihatinkan? Kita lihat saja kondisi Negara Indonesia saat ini, kemiskinan dan kelaparan masih menjadi PR yang belum terselesaikan bagi pemerintah, namun pegawai negeri dan wakil rakyat yang seharusnya mengabdi pada Negara dan mewakili rakyat malah melakukan korupsi. Dimana nurani para koruptor (jika memang masih memiliki nurani) saat melihat anak-anak menangis karena kelaparan? Begitu mudahnya mereka mengorek uang di brankas Negara seperti mengorek sampah. Sungguh memprihatinkan.

3.             Apa yang Anda impikan tentang bangsa dan Negara kita di masa depan?
Yang saya impikan tentang bangsa dan Negara kita di masa depan adalah Negara yang bersih dari para koruptor, sehingga uang dari rakyat bisa sungguh-sungguh dialokasikan untuk kepentingan rakyat. Dengan demikian, uang yang berasal dari rakyat tersebut dapat dinikmati kembali oleh rakyat.
Selain itu, saya juga sangat memimpikan terwujudnya cita-cita Bangsa Indonesia seperti yang telah tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yaitu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Semua itu nampak indah jika didengar, namun semua tidak akan terwujud jika hanya didengar, kita semua harus bergerak, dan semua berawal dari diri sendiri.

4.             Apa andil yang ingin Anda berikan bagi bangsa dan negara kita di masa depan?
Andil yang ingin saya berikan bagi bangsa dan negara kita di masa depan adalah memulai segala sesuatu dari diri saya sendiri, khususnya terkait korupsi. Contoh yang konkret yang dapat dilakukan oleh saya (sebagai guru nantinya) adalah tidak akan mengutak-atik dana BOS (Biaya Operasional Sekolah). Banyak media yang memberitakan dana BOS diselewengkan, dikorupsi, dan sebagainya. Miris sekali mendengar hal tersebut, dana yang seharusnya bisa digunakan untuk membantu membiayai calon-calon penerus bangsa ini, malah disalahgunakan untuk kepentingan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karena itu, saya berjanji tidak akan mengkorupsi dana apapun yang bukan menjadi hak saya.

No comments:

Post a Comment