CURRICULUM MAP
Nama Sekolah : SD Kanisius Jomegatan
Alamat Sekolah : Jomegatan, Kasihan, Bantul
Kelas : II
Semester 1
Bulan | Minggu ke- | Tema | Mapel | SK | KD | Bentuk Evaluasi | Kegiatan | Alokasi Waktu | |||||||
Juli Agustus | 3,4,5 1 | Diri Sendiri | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | Kliping | Menyusun kliping tentang hidup rukun, dokumen penting, gambar tumbuhan dan hewan, dan puisi. | 4 minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Membandingkan bilangan 1 sampai 500 · Mengurutkan bilangan sampai 500 | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | |||||||||||||
Agustus September | 2,3,4 2 | Peristiwa | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | Karangan Sederhana | Menyusun karangan tentang gotong royong dalam keluarga, | 4 Minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman) · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | |||||||||||||
September Oktober | 3,4,5 2 | Hiburan | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. · Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | Laporan | Menyusun laporan tentang hidup rukun di sekolah dan di rumah dengan struktur yang tepat. | 4 Minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan. | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500. | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | |||||||||||||
Oktober | 3,4,5,6 | Lingkungan | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. | Puisi | Membuat puisi dengan tema kerukunan, keluarga, makhluk hidup. | 4 Minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek · Menceritakan kegiatan sehari-hari · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | |||||||||||||
November | 1,2,3 | Kesehatan | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. · Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam. | Mading | Membuat mading yang di dalamnya terdapat tulisan dan gambar mengenai kerukunan di keluarga dan lingkungan sekitar rumah. | 3 Minggu (96 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. | |||||||||||||
November Desember | 4 2,3 | Tempat Umum | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | · Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah | Kliping Gambar | Membuat kliping kegiatan tolong menolong, lingkungan rumah, hewan. | 3 Minggu (96 jp) 1 jp = 35 menit | |||||||
IPS | · Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | |||||||||||||
IPA | · Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya ) · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | |||||||||||||
Matematika | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur berat · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | |||||||||||||
Bahasa Indonesia | Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik. | |||||||||||||
Semester 2
Januari | 1, 2, 3 | Peristiwa | Bahasa Indonesia | · Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan · Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita · Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati · Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak | · Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain. · Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan. · Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. · Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati. · Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi | Kliping | Menyusun kliping | 3 minggu (96 jp) 1 jp = 35 menit |
IPS | · Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | · Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga. · Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga. · Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | ||||||
IPA | · Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya · Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
Januari Februari | 4, 5 1, 2 | Kegemaran | Bahasa Indonesia | § Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati. § Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak | § Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat. § Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis | Mading | Membuat mading | 4 minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit |
IPS | § Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga. | ||||||
Februari Maret | 3,4,5 1 | Budi pekerti | Bahasa Indonesia | § Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan. § Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda § Menulis : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak | § Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain. § Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. § Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung | Drama | Drama tentang budi pekerti dalam keluarga | 4 minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit |
IPS | § Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | § Mengenal kegiatan bermusyawarah § Menghargai suara terbanyak. § Menampilkan sikap mau menerima kekalahan. § Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
Maret April | 2, 3, 4 1 | Lingkungan | Bahasa Indonesia | Berbicara : · Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita. Menulis : · Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak. | · Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain. · Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri · Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis. · Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi | Poster | Membuat poster lingkungan sehat | 4 minggu (128 jp) 1 jp = 35 menit |
Matematika | · Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. · Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana | · Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. · Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka. · Melakukan operasi bilangan campuran. · Mengelompokkan bangun datar. · Mengenal sudut bangun datar | ||||||
IPA | · Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya. · Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya. · Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
IPS | · Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | · Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga. · Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | ||||||
April Mei | 2, 3, 4, 5 1, 2 | Kegiatan Sehari-hari | PKn | · Membiasakan hidup bergotong royong | § Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong § Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | Laporan | Penyusunan laporan daftar kegiatan sehari-hari selama satu minggu | 5 minggu (160 jp) 1 jp = 35 menit |
IPS | § Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | § Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita | ||||||
Matematika | § Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500 | § Membandingkan bilangan sampai 500 § Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan § Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 § Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam § Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang § Mengukur dan menggunakan alat ukur berat · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | ||||||
| IPA | § Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup | § Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan § Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar § Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | | | | ||
Bahasa Indonesia | Berbicara § Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi Membaca § Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak Menulis § Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte | § Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa § Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat § Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain § Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar § Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca § Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat § Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak | ||||||
Mei Juni | 3, 4, 5 1 | Kesehatan | Bahasa Indonesia | Mendengarkan § Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan § Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita. § Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati § Menyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung | § Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain § Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain § Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat. § Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi | Dongeng | Mendongeng bebas dengan tema kesehatan | 3 minggu (96 jp) 1 jp = 35 menit |
IPA | § Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | § Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. | | | | |||
IPS | § Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan | § Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga |
No comments:
Post a Comment