Wednesday, December 28, 2011

Curriculum Map SD K Jomegatan


CURRICULUM MAP
Nama Sekolah             :      SD Kanisius Jomegatan
Alamat Sekolah           :      Jomegatan, Kasihan, Bantul
Kelas                            :      II
Semester 1
Bulan
Minggu ke-
Tema
Mapel
SK
KD
Bentuk Evaluasi
Kegiatan
Alokasi Waktu



Juli


Agustus



3,4,5


1
Diri Sendiri
PKn
·   Membiasakan hidup bergotong royong
·   Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
Kliping
Menyusun kliping tentang hidup rukun, dokumen penting, gambar tumbuhan dan hewan, dan puisi.
4 minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·   Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·   Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
IPA
·   Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·   Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·   Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
Matematika
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Membandingkan bilangan 1 sampai 500
·     Mengurutkan bilangan sampai 500
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.


Agustus


September


2,3,4


2
Peristiwa
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
·     Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
Karangan Sederhana
Menyusun karangan tentang gotong royong dalam keluarga,
4 Minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
IPA
·     Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda  ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu
Matematika
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat


September


Oktober


3,4,5


2
Hiburan
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
·     Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
Laporan
Menyusun laporan tentang hidup rukun di sekolah dan di rumah dengan struktur yang tepat.
4 Minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
IPA
·     Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.
Matematika
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·     Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.


Oktober


3,4,5,6
Lingkungan
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
·     Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
Puisi
Membuat puisi dengan tema kerukunan, keluarga, makhluk hidup.
4 Minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

IPA
·     Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
Matematika
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·     Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·     Menceritakan kegiatan sehari-hari
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.


November


1,2,3
Kesehatan
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
Mading
Membuat mading yang di dalamnya terdapat tulisan dan gambar mengenai kerukunan di keluarga dan lingkungan sekitar rumah.
3 Minggu
(96 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
IPA
·     Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·     Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
Matematika
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.








November


Desember


4


2,3
Tempat Umum
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
·     Melaksanakan hidup rukun saling berbagi  dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
Kliping Gambar
Membuat kliping kegiatan tolong menolong, lingkungan rumah, hewan.
3 Minggu
(96 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
IPA
·     Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
·     Mengidentifikasi  berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
Matematika
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·     Menggunakan alat   ukur berat
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
Bahasa Indonesia
Mendengarkan         
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                     
·     Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.


























Semester 2


Januari


1, 2, 3
Peristiwa
Bahasa Indonesia
·     Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
·     Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
·     Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
·     Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·     Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
Kliping
Menyusun kliping
3 minggu
(96 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
·     Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
IPA
·     Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari

Januari


Februari

4, 5


1, 2
Kegemaran
Bahasa Indonesia
§ Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
§ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
Mading
Membuat mading
4 minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.


Februari


Maret


3,4,5


1
Budi pekerti
Bahasa Indonesia
§ Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
§ Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan   mendeskripsikan benda
§ Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
§ Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
Drama
Drama tentang budi pekerti dalam keluarga
4 minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
§ Mengenal kegiatan bermusyawarah
§ Menghargai suara terbanyak.
§ Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
§ Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari



Maret


April


2, 3, 4


1
Lingkungan
Bahasa Indonesia
Berbicara :
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
·     Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
Poster
Membuat poster lingkungan sehat
4 minggu
(128 jp)
1 jp = 35 menit
Matematika
·     Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
·     Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana
·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·     Melakukan operasi bilangan campuran.
·     Mengelompokkan bangun datar.
·     Mengenal sudut bangun datar
IPA
·     Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari
IPS
·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga




April


Mei


2, 3, 4, 5


1, 2
Kegiatan Sehari-hari
PKn
·     Membiasakan hidup bergotong royong
§ Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§ Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
Laporan
Penyusunan laporan daftar kegiatan sehari-hari selama satu minggu
5 minggu
(160 jp)
1 jp = 35 menit
IPS
§ Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
Matematika
§ Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500

 

§ Membandingkan bilangan sampai 500
§ Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§ Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§ Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda

IPA
§ Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
§ Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§ Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§ Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan



Bahasa Indonesia
Berbicara
§ Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§ Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
§ Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
§ Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§ Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§ Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§ Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§ Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§ Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§ Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak


Mei


Juni


3, 4, 5


1
Kesehatan
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
§ Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
§ Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
§ Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
§ Menyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
§ Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
Dongeng
Mendongeng bebas dengan tema kesehatan
3 minggu
(96 jp)
1 jp = 35 menit
IPA
§ Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
§ Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.



IPS
§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan
§ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

No comments:

Post a Comment