Wednesday, January 4, 2012

Rencana Pembelajaran Individu --> PAB&B (2)


RENCANA PEMBELAJARAN INDIVIDU

IDENTITAS
1.             Nama                            : AN
2.             Kelas                             : II SD
3.             Pekerjaan Orangtua
-                 Ayah                    : Penulis
-                 Ibu                       : Ibu rumah tangga
4.         Hobi                              : Olah raga (sepak bola)
5.             Masalah                         :
AN menulis dengan ukuran huruf yang kecil sehingga sering diingatkan untuk memperbesar ukuran agar lebih mudah dibaca. AN mudah teralih perhatiannya dan sering mengeluh tangannya lelah ketika menulis.
6.             Tujuan Jangka Pendek :
AN bisa memegang pensil dengan benar dan menulis huruf kapital dan huruf kecil dengan ukuran yang sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga jelas dibaca.
7.             Waktu                           : 2 bulan
8.             Pelaku Intervensi          : Guru
9.             Metode Intervensi        : Pujian dan token
 
LANGKAH KEGIATAN
A.           Langkah Awal :
1.      Guru mendampingi AN belajar, mengamati cara memegang pensil dan ukuran tulisan AN untuk mengidentifikasi masalah.
2.      Guru mengajak orangtua untuk membicarakan masalah yang dialami oleh AN.
3.      Guru meminta ijin kepada orangtua AN melaksanakan RPI.

B.            Langkah Inti
1.      Minggu pertama bulan I menebalkan huruf kapital di kertas khusus dengan cara memegang pensil yang benar.
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 5”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru mengajari cara memegang pensil dengan benar.
AN berpura-pura menulis huruf di udara
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (A, B, C, D, E, F, G).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (H, I, J, K, L, M, N).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (O, P, Q, R, S, T, U).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (V, W, X, Y, Z).
Media (terlampir 1).
Jika AN bisa menebalkan huruf kapital di kertas khusus dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
2.      Minggu kedua bulan I menulis huruf kapital di kertas khusus.
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru meminta AN untuk menulis huruf kapital di kertas khusus   (A, B, C, D, E, F, G).
Guru meminta AN untuk menulis huruf kapital di kertas khusus   (H, I, J, K, L, M, N).
Guru meminta AN untuk menulis huruf kapital di kertas khusus   (O, P, Q, R, S, T, U).
Guru meminta AN untuk menulis huruf kapital di kertas khusus   (V, W, X, Y, Z).
Guru meminta AN untuk menulis huruf kapital di kertas khusus (W, X, Y, Z).
Media (terlampir 2).
Jika AN bisa menulis huruf kapital di kertas khusus dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
3.      Minggu ketiga bulan I menebalkan huruf kecil di kertas khusus.
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (a, b, c, d, e, f).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (g h, i, j, k, l,).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (m, n o, p, q, r).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (s, t, u, v)
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas khusus kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (w, x , y, z).
Media (terlampir 3).
Jika AN bisa menebalkan huruf kecil di kertas khusus dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
4.      Minggu keempat bulan I menulis huruf kecil di kertas khusus
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru meminta AN menuliskan huruf kecil di kertas khusus (a, b, c, d, e, f).
Guru meminta AN menuliskan huruf kecil di kertas khusus (g, h, i, j, k, l).
Guru meminta AN menuliskan huruf kecil di kertas khusus (m, n, o, p, q, r).
Guru meminta AN menuliskan huruf kecil di kertas khusus (s, t, u, v).
Guru meminta AN menuliskan huruf kecil di kertas khusus (w, x, y, z).
Media (terlampir 4).
Jika AN bisa menulis huruf kecil di kertas khusus dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
5.      Minggu pertama bulan II menebalkan huruf kapital di kertas biasa
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (A, B, C, D, E, F).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (G, H, I, J, K, L).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (M, N, O, P, Q, R).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (S, T, U, V).
Guru memberi huruf kapital putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (W, X, Y, Z).
Media (terlampir 5).
Jika AN bisa menebalkan huruf kapital di kertas biasa dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.

6.      Minggu kedua bulan II menulis huruf kapital di kertas biasa,
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kapital di kertas biasa (A, B, C, D, E, F).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kapital di kertas biasa (G, H, I, J, K, L).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kapital di kertas biasa (M, N, O, P, Q, R).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kapital di kertas biasa
(S, T, U, V).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kapital di kertas biasa (W, X, Y, Z).
Media (terlampir 6).
Jika AN bisa menulis huruf kapital di kertas biasa dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
7.      Minggu ketiga bulan II menebalkan huruf kecil di kertas biasa
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (a, b, c, d, e, f).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (g, h, i, j, k, l).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (m, n, o, p, q, r).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (s, t, u, v).
Guru memberi huruf kecil putus-putus di kertas biasa kemudian meminta AN untuk menebalkan huruf tersebut (w, x, y, z).
Media (terlampir 7).
Jika AN bisa menebalkan huruf kecil di kertas biasa dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.
8.      Minggu keempat bulan II menulis huruf kecil di kertas biasa
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Waktu 10”
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kecil di kertas biasa (a, b, c, d, e, f).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kecil di kertas biasa (g, h, i, j, k, l).
Guru meminta AN untuk menulis huruf kecil di kertas biasa (m, n, o, p, q, r).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kecil di kertas biasa
(s, t, u, v).
Guru meminta AN untuk menuliskan huruf kecil di kertas biasa (w, x, y, z).
Media (terlampir 8).
Jika AN bisa menulis huruf kapital di kertas biasa dengan baik, Guru memberi pujian (Bagus, Good Job) kemudian memberi kartu yang berisi pemain bola terkenal dan stiker bintang. AN bisa menempelkan di lembar kerjanya.

C.            Langkah Akhir
1.      Pada setiap akhir minggu, AN mendapat kesempatan untuk bermain sepakbola bersama Ayah minimal 30 menit.
2.      Jika AN mampu mengikuti intervensi dengan baik, di akhir minggu bulan II AN mendapat hadiah untuk menonton pertandingan sepak bola bersama Ayah.

Lampiran

1.



2.



3.



4.



5.



6.



7.



8.


No comments:

Post a Comment