Wednesday, January 4, 2012

Pendidikan Anak Berbakat dn Berkelainan (1)

1.      ARTI FIRST LANGUAGE. MENGAPA PERLU DITERAPKAN?
Person first language adalah bahasa yang diberikan kepada seseorang dengan maksud menghargai.
First language harus diterapkan agar seseorang tidak menjadi rendah diri.

2.      ARTI DAN CONTOH DIFERENSIASI PEMBELAJARAN
Diferensisasi pembelajaran adalah perbedaan pembelajaran yang diberikan kepada siswa sesuai dengan kemampuannya, karena kemampuan tiap-tiap siswa berbeda.
Ex : member soal ujian dengan level. Ada 3 level yakni level rendah, menengah, dan tinggi.

3.      PERBEDAAN ADD DAN ADHD
Attention Deficit Disorder dan Attention Deficit and Hiperactivity Disorder
Pada ADD hanya terdapat anak dengan kesulitan perhatian, gejalanya:
-          Gagal memperhatikan detil/ rinci
-          Tidak bisa mengikuti instruksi
-          Tidak bisa mendengarkan instruksi
-          Melamun
-          Kesulitan mengerjakan tugas
-          Kesulitan bertahan
-          Seringkali melakukan kesalahan karena ceroboh
-          Mudah teralihkan perhatiannya
-          Selalu kehilangan benda-bendanya
-          Lupa
Pada ADHD, meliputi kesulitan perhatian, impulsive, dan hiperaktif
-          Pertanyaan belum selesai langsung komentar
-          Tidak bisa menunggu
-          Tidak bisa bergiliran
-          Selalu mengganggu orla
-          Tangan dan kaki selalu bergerak
-          Tak bisa duduk
-          Selalu berlari dan memanjat terus-menerus
-          Berbicara terus
-          Tulisan tangan berantakan
-          Agresif dan destruktif (merusak benda yang dipegangnya)

4.      ARTI ANAK DISGRAFIA DAN CARA MENANGANI
-          Kombinasi huruf naik dan turun
-          Kombinasi huruf cetak dan miring
-          Ukuran huruf tidak konsisten
-          Kurva pada huruf tidak terselesaikan
-          Tulisan menerabas garis dan garis tepi
Cara menangani:
-          Anak melakukan aktivitas menulis menggunakan bahan2 lain: papan tulis, media pasir
-          Menulis di meja dan kursi yg kokoh dan stabil
-          Menulis dengan posisi kertas yg benar, bila perlu kertas direkat dengan selotip (untuk menulis cetak kertas sejajar meja, untuk menulis sambung kertas 60 derajat ke kiri untuk anak tangan kanan dan 60 derajat ke kanan untuk anak kidal) 
-          Memegang pensil yg benar (ada alat bantunya)
-          Berlatih menjiplak/menghubungkan titik2
-          Menulis huruf2 yg mudah dulu: m,n,t,I,u,r,s,l,e 

5.      CARA MEMBANTU SOSIALISASI PADA ANAK AUTISM
-          Melatih kontak mata anak dengan mengibas-ngibaskan tangan
-          Buat kondisi agar anak tak pernah sendiri
-          Mengajaknya berbicara terus-menerus

No comments:

Post a Comment