Sunday, January 1, 2012

Rencana Operasional SD BOPKRI Demangan III

A.    PROFIL SEKOLAH
SD Bopkri Demangan III adalah SD yayasan milik GKJ Ambarukmo, didirikan pada tahun 1971. SD Bopkri Demangan III ini terletak di Jl. Ampel No.4, Demangan. Sekolah ini diusulkan oleh majelis Gereja. Pada awalnya belum ada gedung sekolah untuk kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah tidak terpakai  milik warga. Pada waktu itu, komite sekolah diperankan oleh majelis Gereja dan tokoh masyarakat sebagai fasilitator ruang. Manajemen kesiswaan di SD BOPKRI Demangan III sudaha cukup baik. Dalam penerimaan siswa baru, sekolah sudah melakukan prosedur sesuai dengan daya tampung kelas dan persyaratan siswa secara umum. Sekolah juga membentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru. Pembinaan siswa juga dilakukan dengan baik. Hal penting yang dapat kami pelajari dari Manajemen Kesiswaan ini adalah sekolah memiliki pandangan bahwa siswa memiliki potensi yang berbeda-beda, tapi memiliki hak yang sama di sekolah.

B.     VISI DAN MISI SD BOPKRI III
VISI “ Insan Cerdas Intelektual, Cerdas Emosional, dan Cerdas Spiritual “.
MISI:
1.      Turut berperan serta menyiapkan generasi penerus yang berkualitas, beretika.
2.      Membangun sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif sesuai perkembangan zaman.
3.      Membangun citra sekolah sebagai mitra masyarakat dan pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
4.    Membantu masyarakat mendapatkan kesempatan memperoleh pelayanan pendidikan dasar yang baik.
 
 C.     ANALISIS SITUASI PENDIDIKAN SAAT INI
·           Kurikulum yang digunakan oleh SD Bopkri Demangan III telah menggunakan KTSP namun untuk pembelajaran tematik belum dapat diterapkan secara maksimal dan menyeluruh kepada setiap kelas.
·           Tenaga pendidik
Telah tersedia tenaga pendidik dengan jumlah yang mencukupi dari kelas I hingga VI yang seluruhnya bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun ada sedikit kendala dalam bagian pembimbing les komputer dan penjaga perpustakaan yaitu belum tersedianya pembimbing les komputer dan penjaga perpustakaan.
·           Sarana dan prasarana
Sarana dan prasana yang ada adalah komputer 4 unit dan belum tersedianya karpet sintetis di ruang komputer sebagai alas duduk,belum tersedianya serta perlengkapan les komputer lainnya seperti kabel, meja, belum tersedia lemari penyimpan media pembelajaran untuk kelas I dan II, ruang perpustakaan yang belum memadai dan belum kondusif karena perpustakaan hanya buka setiap hari Jumat dan ruangan yang sempit dan buku – buku yang sudah usang dan tak layak pakai. Media pembelajaran yang tersedia masih terbatas, terutama dalam pemanfaatan barang bekas untuk diolah menjadi media pembelajaran yang menarik dan berguna untuk kelancaran pembelajaran serta pemahaman siswa akan materi yang bersangkutan.

D.    ANALISIS SITUASI PENDIDIKAN 1 TAHUN KE DEPAN
·         Kurikulum
Pembelajaran tematik akan dapat diterapkan pada seluruh kelas, sehingga siswa dapat mengaitkan pembelajaran yang satu dan lainnya dan mengambil manfaat yang telah mereka lakukan.
·         Tenaga pendidik
Telah ada tenaga pembimbing les komputer dan penjaga perpustakaan sehingga les komputer dapat terlaksana untuk siswa kelas VI serta perpustakaan dapat beroperasi secara maksimal karena dapat buka setiap hari memenuhi kebutuhan siswa.
·         Sarana dan prasarana
Penambahan komputer sebanyak 1 unit sehingga jumlah komputer menjadi 5 unit. Adanya lemari / rak yang digunakan untuk menyimpan media pembelajaran kelas I dan II. Tersedianya ruang komputer baru dan karpet sintetis untuk alas duduk siswa ketika mengikuti les komputer serta perlengkapan les komputer lainnya seperti kabel, meja. Penambahan buku baru sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Media pembelajaran yang dibuat dari barang bekas untuk kelas I dan II, sehingga siswa mampu menggunakan media pembelajaran yang mampu mendukung pembelajran tersebut.
E.     IDENTIFIKASI KESENJANGAN ANTARA SITUASI PENDIDIKAN SAAT INI DAN 1 TAHUN KE DEPAN
·         Kurikulum
Pembelajaran tematik masih menemui banyak kendala bila diterapkan  untuk seluruh mata pelajaran dan seluruh kelas karena media yang belum memadai selain itu guru belum terbiasa dengan model pembelajaran tematik tersebut yang mengaitkan mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainnya.
·         Tenaga pendidik
Terbatasnya tenaga pembimbing les komputer dan penjaga perpustakaan bila harus diambil dari salah satu tenaga pendidik di SD Bopkri Demangan III.
·         Sarana dan prasarana
Dana yang terbatas untuk pembelian 1 unit komputer, lemari penyimpan media pembelajaran anak kelas I dan II, karpet sintetis serta perlengkapan les komputer lainnya seperti kabel, meja, penambahan buku dua kali dalam satu tahun. Selain itu juga pengadaan media pembelajaran menggunakan barang bekas untuk kelas I dan II.

F.      PROGRAM-PROGRAM YANG DAPAT DILAKUKAN SELAMA 1 TAHUN KEDEPAN
·         Kurikulum
Pelatihan untuk tenaga pendidik guna penerapan pembelajaran tematik, sehingga pembelajaran tematik dapat terlaksana dan berjalan baik dengan P4MRI Universitas Sanata Dharma.
·         Tenaga pendidik
Pembukaan lowongan untuk penjaga perpustakaan dan guru pembimbing les komputer.
·         Pembelian 1 unit komputer, serta perlengkapan les komputer lainnya seperti kabel, meja, karpet sintetis, pembuatan media pembelajaran, pembelian lemari penyimpan media pembelajaran dengan menggunakan dana BOS.
 
G.    MENENTUKAN TONGGAK-TONGGAK KUNCI KEBERHASILAN
PROGRAM – PROGRAM
TONGGAK – TONGGAK KUNCI KEBERHASILAN
·         Pelatihan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik) untuk guru kelas 1 dan 2.
·         Guru kelas 1 dan 2 telah mengikuti pelatihan PMRI.
·         Pemanfaatan barang – barang bekas untuk dibuat alat peraga permanen.
·         Tersedianya media / alat peraga pembelajaran dari barang bekas.
·         Pengadaan rak/ almari untuk menyimpan alat peraga.
·         Tersedia almari untuk penyimpanan alat peraga dengan jumlah 2 buah
·         Pengadaan ruang perpustakaan yang memadai dan kondusif.
·         Sekolah memiliki ruang perpustakaan baru yang lebih luas dan kondusif.
·         Penambahan buku – buku baru.
·         Terdapat buku – buku baru di perpustakaan
·         Pengadaan rak buku baru.
·         Tersedianya 1  rak buku baru di perpustakaan.
·         Pengangkatan petugas khusus perpustakaan yang baru (membuka lowongan pekerjaan).
·         Ada satu petugas khusus di perpustakaan.
·         Pelatihan bagi siswa kelas 5 dan 6 untuk membantu menjaga dan mengelola perspustakaan.
·         Ada siswa yang ikut serta menjaga perpustakaan
·         Pengadaan ruang khusus untuk laboratorium komputer.
·         Tersedianya laboratorium komputer untuk siswa    
·         Pengadaan perangkat komputer sebanyak 1 unit sehingga jumlahnya menjadi 5 unit
·         Terdapat 5 unit komputer untuk siswa.
·         Pengangkatan guru les komputer
·         Tersedianya guru les komputer
·         Pengadaan meja komputer sederhana sebanyak 5 set.
·         Tersedianya meja komputer dan karpet sintetis untuk ruang komputer
·         Pengadaan karpet sintetis untuk alas duduk.
·         Ada karpet sintetis untuk alas duduk

H.    RENCANA ANGGARAN
NO
KETERANGAN
HARGA
1
ATK Pembuatan alat peraga
50.000
2
Almari alat peraga
800.000
Jumlah
850.000
1
ATK Perbaikan Buku
100.000
2
Rak buku @ 1
700.000
3
Honorarium petugas perpustakaan
800.000
Jumlah
1.600.000
1
Pengembangan alat peraga matematika
850.000

2
Pengembangan perpustakaan
2.925.000

3
Pelaksanaan les komputer
2.700.000

Jumlah
5.150.000


I.       RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
·         Guru bersama Komite Sekolah mengadakan sosialisasi program pengembangan perpustakaan dengan orang tua murid.
·         Pengembangan perpustakaan Tahap 1 à pembersihan dan pengaturan ruang perpustakaan yang baru, pengadaan rak buku pada awal Agustus yang dilakukan oleh karyawan dan siswa.
·         Mengajukan proposal sumbangan buku kepada pemerintah daerah.
·         Pengembangan Perpustakaan Tahap 2 à adanya petugas penjaga perpustakaan. Pembukaan dan pendataan awal kunjungan siswa ke perpustakaan pada awal bulan November.
·         Setiap hari sabtu, masing – masing siswa membawa barang bekas dari rumah yang masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat alat peraga.
·         Pengaturan ruang kosong yang bisa digunakan sebagai Laboratorium Komputer pada awal bulan Desember.
·         Pengadaan 1 perangkat komputer pada bulan Desember.
·         Pengadaan karpet dan 5 set meja komputer pada bulan Januari.
·         Guru lulusan Teknik Informatika diangkat sebagai guru Les Komputer.
·         Pembuatan jadwal les komputer untuk siswa 6.
·         Jadwal disusun dalam beberapa shift (satu perangkat komputer digunakan oleh dua siswa) pada akhir bulan Januari.
·         Pelaksanaan Les Komputer untuk kelas 6 mulai minggu pertama bulan Februari. Seminggu sekali.
·         Evaluasi dan laporan pertanggung-jawaban.

No comments:

Post a Comment