Sunday, January 1, 2012

Proposal PKM


USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SD MELALUI MEDIA WAYANG TOPAN (TOKOH PAHLAWAN)

BIDANG KEGIATAN :
PKM-P


Diusulkan oleh

          Ketua       : Anggarwati Risca Putantri     091134039/     PGSD/     2009
          Anggota   : Esterlita Pratiwi                      091134058/     PGSD/     2009
                           Maria Assumpta Paskalia R.   091134052/     PGSD/     2009
                           Charla Enitara D                     111134114/     PGSD/     2011
                           Nidya Gabriela I                     119114077/ Psikologi/   2011




UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2011


HALAMAN PENGESAHAN

1.             Judul Kegiatan         :    Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Melalui Media Wayang Topan (Tokoh Pahlawan)
2.             Bidang Kegiatan      :    (√) PKM-P               ( ) PKM-K           ( ) PKMKC
          (Pilih salah satu)            ( ) PKM-T                ( ) PKM-M
3.             Bidang Ilmu             :    ( ) Kesehatan            ( ) Pertanian
    (Pilih salah satu)            ( ) MIPA                  ( ) Teknologi dan Rekayasa
                                               ( ) Sosial Ekonomi    ( ) Humaniora
                                               (√) Pendidikan
4.             Ketua Pelaksana Kegiatan         
a.    Nama Lengkap                       : Anggarwati Risca Putantri
b.    NIM                                       : 091134039
c.    Jurusan                                   : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d.   Universitas                             : Universitas Sanata Dharma
e.    Alamat Rumah dan                : Karangmojo, Tamanmartani, Kalasan
     No. HP                                   : 08995092220
f.     Alamat email                          : ica.cinggg@yahoo.com
5.             Anggota Pelaksana Kegiatan      : 4 orang
6.             Dosen Pendamping                    
a.    Nama Lengkap dan Gelar      : Dra. C. Haniek S. P., M.Pd.
b.    NIP                                         : T. 991354
c.    Alamat Rumah                       : Karangasem Baru, Gg. Nusa Indah No.3,
                                                 Yogyakarta 55281
No. Tel                                   : 087839796587
7.             Biaya Kegiatan Total                  : Rp 5.447.000,00
a.    Dikti                                       : Rp 5.447.000,00
8.             Jangka Waktu Pelaksanaan         : 5 bulan


                                                                         Yogyakarta, 30 September 2011
 

A.           Judul       :
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Kelas VI SD Melalui Media Wayang Topan (Tokoh Pahlawan)

B.            Latar Belakang Masalah :
Pendidikan dasar di Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada masalah pembelajaran yang kurang kondusif karena penggunaan media pembelajaran seperti pada pelajaran yang mulai langka. Menurut pandangan Jean Piaget, siswa Sekolah Dasar dengan rentang usia antara 6-13 tahun termasuk dalam tahapan konkret operasional. Dalam tahap ini, siswa akan mengalami proses-proses penting seperti pengurutan, klasifikasi, decentering, reversibility, konservasi, dan penghilangan sifat egosentrisme. Semua proses tersebut dapat dilalui siswa melalui pembelajaran dengan objek-objek nyata di lingkungannya.
Pendidikan Dasar di Indonesia, ternyata masih menyimpang dari tahapan perkembangan kognitif anak. Penyimpangan tersebut dapat dilihat pada pembelajaran PKn kelas VI dengan Standar Kompetensi 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara .Khususnya pada Kompetensi Dasar 1.3. Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali guru hanya menyampaikan secara lisan tentang nilai-nilai juang tanpa menunjukkan objek konkret yang sebenarnya dapat mempermudah siswa dalam meningkatkan pemahaman materi Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila.
Wayang merupakan salah satu media seni yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa. Di berbagai tempat, wayang menjadi sebuah media dalam pembentukan komunitas. Hal tersebut menandakan bahwa wayang sudah menjadi salah satu media dalam rangka pembentukan identitas. Penerimaan wayang sebagai salah satu warisan kebudayaan Indonesia juga telah menyebar di wilayah internasional. Namun dewasa ini, eksistensi wayang semakin tidak diminati oleh generasi muda bangsa karena kurangnya upaya pembiasaan bagi mereka sejak dini.
Kami akan membuat media pembelajaran konkret untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran pada materi Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila.  Media tersebut akan dibuat dengan memasukkan unsur-unsur budaya dalam hal ini adalah Wayang Topan (Wayang Tokoh Pahlawan), agar siswa tidak hanya meningkat prestasi akademisnya tetapi juga pada akhirnya akan terbentuk sikap yang mau menghargai dan melestarikan budaya nusantara.

C.           Perumusan Masalah
Masalah yang akan diteliti adalah
1.             Apakah media pembelajaran Wayang Topan dapat meningkatkan prestasi akademis siswa pada pembelajaran PKn kelas VI khususnya pada Kompetensi Dasar 1.3. Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari?

D.           Tujuan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang dituliskan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah :
1.             Meningkatkan prestasi akademis siswa kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila dengan media pembelajaran Wayang Topan.

E.            Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini berupa materi ajar tentang Wayang Topan yang tentunya sangat berguna bagi pembelajaran di Pendidikan Dasar. Luaran lain adalah sosialisasi kepada guru dan sekolah Wayang Topan sebagai media alternatif pembelajaran Pkn di SD pada materi Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila.
F.            Kegunaan
1.             Bagi Mahasiswa
Penelitian tentang penggunaan Wayang Topan berguna bagi mahasiswa sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan ide dan kreativitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran.
2.             Bagi Siswa SD
Kegiatan penelitian ini bermanfaat terutama bagi pembelajaran tentang Tokoh Pahlawan di Pendidikan Dasar. Jika selama ini guru jarang menggunakan media pembelajaran tokoh pahlawan yang konkret atau bahkan belum pernah sama sekali, maka dengan Wayang Topan yang akan diteliti, diharapkan pembelajaran tentang tokoh pahlawan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.
Menurut Freud (2008) kesuksekan seseorang ditentukan oleh keberhasilannya menjalani Pendidikan Dasar. Oleh karena itu, jika prestasi akademis siswa telah terbukti naik, maka dapat dipastikan bahwa siswa bisa melalui tahap perkembangan selanjutnya dengan baik.

G.           Tinjauan Pustaka
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wayang adalah boneka tiruan orang yang terbuat dari pahatan kulit atau kayu yang dapat dimanfaatkan untuk memerankantokoh dalam pertunjukkan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dsb), biasanya dimainkan oleh dalang. Ada berbagai jenis wayang diantaranya :
1.    Wayang beber merupakan wayang berupa lukisan yang dibuat pada kertas gulung dan memainkannya dengan cara membeberkan kertas gulung itu, yang berisikan cerita inti dari lakon yang akan dikisahkan oleh dalang.
2.    Wayang golek merupakan wayang yang dibuat dari kayu biasanya berupa anak-anakan atau boneka kayu.
3.    Wayang klitik merupakan wayang terbuat dari kayu.
4.    Wayang mbeling merupakan cerita wayang yang menyimpang dari aturan yang ada, biasanya penuh humor dan berisikan kritik kepada orang atau lembaga tertentu.
Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sansekerta yakni phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama. Dalam pembelajaran PKn materi Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila, pahlawan yang dimaksud diantaranya Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Supomo, K.H. Agus Salim, K.H. Abdul Wachid Hasyim, Mr. Mohammad Yamin.
Menurut teori Piaget, anak-anak pada masa konkret operasional bisa melakukan tugas-tugas konservasi degan baik. Pada fase ini anak-anak mengambangkan tiga macam proses :
1.    Negasi
Anak telah mengerti proses yang terjadi dalam suatu kegiatan dan mencoba memahami hubungan-hubungan dalam kegiatan tersebut. Anak dapat bekerja dengan baik dengan adanya benda-benda (rapi dan berderet).
2.    Hubungan timbal balik (resiprokasi)
Anak melihat bagaimana deretan benda bisa berubah denga nilai yang tetap sama.
3.    Identitas
Anak tidak hanya melihat deret benda tetapi anak bisa mengenal dan memahami benda – benda tersebut satu per satu. Apa yang dipikirkan anak masih terbatas pada hal-hal yang ada hubunganya dengan sesuatu yang konkret, suatu realitas secara fisik, dan benda-benda yang benar-benar nyata.
Hal-hal yang tidak jelas dan tidak konkret sulit dipikirkan oleh anak. Hal lain yang membatasi kemampuan berpikir anak  adalah egosentrisme (D.Elkind :1967). Anak kurang mampu membedakan obyek langsung yang dialami dengan obyek yang ada dalam pikiran anak. Hal ini terlihat jika anak diberi masalah untuk dipecahkan, anak tidak memulainya dari obyek langsung yang dialami tetapi  anak akan memulai dari dirinya sendiri  artinya anak kesulitan menghadapi masalah yang dialami tanpa adanya objek nyata (media). Dalam hal ini, wayang topan merupakan media konkret yang bisa membantu anak memahami materi PKn tentang Meneladani Nilai Juang Para Tokoh Perumus Pancasila.

H.           Metode Penelitian
1.             Obyek Tindakan
Tindakan yang dilakukan adalah memperbaiki proses pembelajaran PKn secara terus menerus. Harapanannya agar pembelajaran semakin menarik, menyenangkan, efektif dalam mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Sebab selama ini pembelajaran PKn selalu dilaksanakan di dalam kelas dan prosesnya kurang mengaktifkan anak, karena memang pendekatannya secara umum adalah naratif  eksperiensial, sehingga anak cepat jenuh dan bosan. Kegiatan yang dilakukan melalui tahapan :
1.         Perencanaan pembelajaran
2.         Pelaksanaan pembelajaran
3.         Evaluasi atas proses dan hasil pembelajaran
4.         Analisis terhadap hasil pembelajaran
5.         Pengadakan perbaikan dan pengayaan atas hasil pembelajaran
6.         Refleksi atas semua proses yang dilaksanakan.
Hasil yang diharapkan dari proses ini adalah pembelajaran semakin aktif kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga kompetensi yang ditetapkan dapat dicapai dengan baik.       
2.             Alat dan Subyek Penellitian
1)            Alat
Wayang Topan (Tokoh Pahlawan) terbuat dari mika yang dibentuk sesuai dengan gambar atau karikatur dari tokoh-tokoh pahlawan Indonesia. Cara menggunakan wayang ini pada dasarnya sama dengan wayang kulit atau semacamnya. Namun, untuk kegiatan pembelajaran di kelas dapat disesuaikan dengan kebutuhan guru.
2)            Subyek Penelitian
Tempat penelitian ini adalah SD Pandanpuro 1, Pakem, Sleman, Yogyakarta. SD Pandanpuro 1 bertempat di lereng Merapi bagian selatan, dengan sumber utama pencaharian masyarakat adalah petani. Subyek yang dipilih adalah anak kelas VI. Jumlah siswanya ada 25 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 15 anak perempuan.
3.             Prosedur
a.             Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitiaan ini, kami menggunakan 2 teknik pengumpulan data, yaitu :
1)                      Wawancara
Menurut Prabowo (1996) wawancara adalah metode pengambilan data dengan cara menanyakan sesuatu kepada seseorang responden, caranya adalah dengan bercakap-cakap secara tatap muka.
Wawancara ini kami lakukan pada guru, murid, dan orang tua siswa. Wawancara satu demi satu merupakan cara yang ideal untuk mengetahui keadaan murid (Zuhdi, 2001: 146). Murid-murid cenderung hanya memberikan tangapan tertulis secara minimal terhadap suatu hal. Dengan wawancara secara personal kita dapat memancing tanggapan dan informasi tentang kondisi sekolah, kegiatan pembelajaran dan siswa itu sendiri.
2)                      Observasi
Disamping wawancara, penelitian ini juga melakukan metode observasi. Menurut Nawawi & Martini (1991) observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistimatik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala dalam objek penelitian.
Dalam penelitian ini observasi dibutuhkan untuk dapat memehami proses terjadinya wawancara dan hasil wawancara dapat dipahami dalam konteksnya. Observasi yang akan dilakukan adalah observasi terhadap subjek, perilaku subjek selama wawancara, interaksi subjek dengan peneliti dan hal-hal yang dianggap relevan sehingga dapat memberikan data tambahan terhadap hasil wawancara.
Menurut Patton (dalam Poerwandari 1998) tujuan observasi adalah mendeskripsikan setting yang dipelajari, aktivitas-aktivitas yang berlangsung, orang-orang yang terlibat dalam aktivitas, dan makna kejadian di lihat dari perpektif mereka yang terlihat dalam kejadian yang diamati tersebut.
b.            Desain Penelitian
Menurut S. Nasution (2006: 23) desain penelitian adalah rencana tentang cara mengumpulkan dan menganalisis data agar dapat dilaksanakan secara ekonomis serta serasi dengan tujuan penelitian itu. Model penelitian pada penelitian ini merujuk pada proses penelitian yang dikemukakan oleh Arikunto (2007:16-19) yang meliputi menyusun rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. 
4.             Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode kualitataif dan kuantitatif, Artinya diadakan pembandingan hasil sesuai dengan data yang diperoleh. Semakin tinggi kriteria terpenuhi semakin tinggi tingkat keberhasilan model pembelajaran yang diterapkan. Tebel nilai analisis data terlampir.
5.             Cara Penafsiran dan Penyimpulan Hasil Penelitian.
Kesimpulan diambil berdasar pada gejala yang paling banyak muncul setelah  tahap 1 sampai pada tahap refleksi. Jika hasil yang diharapkan belum sesuai maka diulang lagi dengan memasuki tahap berikutnya. Selain itu seusai melaksanakan siklus dalam refleksi ada kegiatan pembandingan  antara kenyataan dengan kriteria yang telah ditetapkan.
6.             Indikator Keberhasilan Jangka Pendek 
1.             20 % guru menggunakan media wayang topan sebagai media pembelaaran Pkn.
2.             Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10 %.

I.              Jadwal Kegiatan Program
No
Rencana Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan  3
Bulan 4
Bulan 5
1
Ijin kerjasama dengan SD Pandanpuro I.
ü  




2
Observasi di SD Pandanpura I.
ü  




3
Menganalisa data hasil observasi.
ü  




4
Membuat kuisioner berdasarkan analisa data.
ü  




5
Melakukan wawancara kepada guru kelas dan memberikan kuisioner pada kelas VI.

ü  



6
Menganalisa hasil kuisioner.

ü  



7
Membuat hipotesis berdasarkan analisa data.

ü  



8
Mengumpulkan bahan dan pembuatan wayang topan.
ü  
ü  



9
Mengujicobakan wayang topan dalam pembelajaran di kelas.

ü  



10
Memberikan kuisioner kepada anak.

ü  



11
Menganalisa hasil kuisioner.

ü  



12
Membuat kesimpulan berdasarkan analisa data.

ü  



13
Melakukan evaluasi.

ü  



14
Melakukan peyempurnaan wayang topan.

ü  



15
Menggunakan Wayang Topan dalam pembelajaran di kelas.


ü  
ü  
ü  


J.             Rancangan Biaya
1.        Bahan habis pakai
a.         Kayu jati                                                             Rp   1.000.000,00
b.         Reng kayu                                   15                    Rp      120.000,00
c.         Bambu kuning                                                    Rp      356.000,00
d.        Fiber                                            20 m                Rp      600.000,00    
e.         Karton                                         25 m                Rp      375.000,00
f.          Lem kayu                                    10                    Rp      130.000,00
g.         Kain flannel                                12 m                Rp      384.000,00
h.         Cat minyak                                 12                    Rp        96.000,00
i.           Lakban                                        7                      Rp        56.000,00
j.           Tinta isi ulang                             10                    Rp      110.000,00
k.         Benang                                                               Rp        89.000,00
l.           Stereofoam                                                         Rp      428.000,00
2.        Peralatan penunjang penelitian
a.         Gunting                                       5                      Rp        30.000,00
b.         Cutter                                          6                      Rp        36.000,00
c.         Spidol permanen hitam               5                      Rp        80.000,00
d.        Spidol permanen warna              7                      Rp        63.000,00
e.         Pengait                                        100                  Rp      100.000,00
3.        Perjalanan
a.         Museum Jogja Kembali              2 kali               Rp      150.000,00
b.         Museum Sonobudoyo                 2 kali               Rp      150.000,00
c.         Museum Kakayon                       2 kali               Rp      150.000,00
4.        Pelaporan dan Dokumentasi
a.         Laporan                                                             
1)   Kertas                                                             Rp        99.000,00
2)   ATK                                                               Rp      100.000,00
3)   Tinta Printer                                                   Rp      150.000,00
4)   Penjilidan                                                       Rp        50.000,00
b.         Dokumentasi                                                      Rp      275.000,00
5.        Konsumsi Simulasi
a.         Bulan ke-3                                                          Rp        90.000,00    
b.         Bulan ke-4                                                          Rp        90.000,00
c.         Bulan ke-5                                                          Rp        90.000,00
6.        Total Biaya
a.         Bahan habis pakai                                               Rp   3.744.000,00
b.         Peralatan penunjang penelitian                           Rp      309.000,00
c.         Perjalanan                                                           Rp      450.000,00
d.        Pelaporan dan Dokumentasi                               Rp      674.000,00
e.         Konsumsi Simulasi                                             Rp      270.000,00
Jumlah                                                               Rp  5.447.000,00


K.           DAFTAR PUSTAKA
Belen, S.. 2010. Sejarah Kurikulum SD di Indonesia Edisi 2010. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional.
Diakses tanggal 24 September 2011, dari
Sarjan, Agung Nugroho. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan: Bangga Menjadi Insan Pancasila 4 untuk SD/ MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sunarso, Anis Kusumawardani. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 6: untuk SD/ MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Syarif, M. Ibnan Syafii. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Media Pembelajaran. FBS Universitas Negeri Semarang.
Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Ummul Firdaus, Sunny. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 6 untuk SD/ MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

L.            LAMPIRAN
Biodata
Tabel Nilai
Tabel 1 : Nilai Ulangan Pertama PKn Sebelum Menggunakan Media Wayang Topan
No
Nama Siswa
KKM
UH 1
UH 2
UH 3
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





Tabel 2: Nilai Ulangan Kedua PKn Setelah Menggunakan Media Wayang Topan
No
Nama Siswa
KKM
UH 1
UH 2
UH 3
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





2.    Instrumen Wawancara
No
Pertanyaan
Kecenderungan
Ya
Tidak
1.
Guru sering berceramah di kelas setiap pelajaran PKn.


2.
Guru sering menggunakan media saat mengajar.


3.
Guru menyampikan meteri PKn dengan jelas.


4.
Guru mampu membuat siswa tertarik dengan materi pembelajaran.


5.
Guru sering memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya ketika pelajaran.


6.
Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran.


7.
Guru sering menghubungkan materi dengan lingkungan sekitar.


8.
Guru melakukan evaluasi setiap selesai mengajarkan satu materi.

















Soal Pre-test
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat!
1)             Siapakah tokoh yang ditunjuk menjadi ketua BPUPKI? ....
2)             Tiga orang anggota BPUPKI yang menyampaikan usulan tentang dasar negara adalah? ….
3)             Siapakah tokoh yang mengamankan Bung Karno ke Rengasdenglok menjelang kemerdekaan RI? ….
4)             K.H. Agus Salim lahir di kota ….
5)             Makam Ir. Soekarno berada di ….

No comments:

Post a Comment