RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
(RPPT)
KELAS IV SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
(RPPT)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : IPA, Bahasa
Indonesia, Matematika
Kelas/
Semester : IV/ Gasal
Alokasi
Waktu : 3 x pertemuan
Tema : The Power of Root
A.
Standar
Kompetensi :
1.
IPA
2. Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
2.
Bahasa Indonesia
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan,
petunjuk, cerita, dan surat.
3.
Matematika
1. Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam
pemecahan
masalah
B.
Kompetensi
Dasar :
1.
IPA
2.1.
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.
Bahasa Indonesia
4.2. Menulis
petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu
3.
Matematika
1.3. Melakukan
operasi perkalian dan pembagian
C.
Model
Pembelajaran : Integrated
D.
Indikator :
·
Menyebutkan nama-nama tumbuhan yang ada di
lingkungan sekolah
·
Mengamati struktur akar tumbuhan
·
Menjelaskan fungsi bagian-bagian akar tumbuhan
·
Menyebutkan jenis-jenis akar
·
Mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan jenis
akarnya
·
Menanam tumbuhan dan melakukan perawatan
·
Melakukan operasi perkalian
·
Melakukan operasi pembagian
·
Membuat petunjuk penanaman dengan memperhatikan
kaedah penulisan yang tepat
·
Bekerja sama dengan baik dalam kegiatan
penanaman
E.
Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa mampu menyebutkan minimal 5 nama-nama
tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
·
Siswa mampu mengamati 2 struktur akar tumbuhan
·
Siswa mampu menjelaskan fungsi 3 bagian utama
pada akar tumbuhan
·
Siswa mampu menyebutkan 2 jenis akar berdasarkan
bentuknya
·
Siswa mampu mengidentifikasi tumbuhan
berdasarkan jenis akarnya
·
Siswa mampu menanam 2 tumbuhan dan melakukan
perawatan
·
Siswa mampu melakukan operasi perkalian
·
Siswa mampu melakukan operasi pembagian
·
Siswa mampu membuat petunjuk penanaman dengan
memperhatikan kaedah penulisan yang tepat
·
Siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam
kegiatan penanaman
F.
Materi
Pembelajaran :
1.
IPA
Bagian dan fungsi akar tumbuhan
2.
Bahasa Indonesia
Petunjuk melakukan sesuatu
3.
Matematika
Operasi perkalian dan pembagian
G.
Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
1. Kegiatan Pembuka :
a.
Salam dan doa pembuka
b.
Guru membangkitkan motivasi siswa dengan bernyanyi (Menanam Jagung 1)
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul cangkul yang dalam
Tanah yang longgar jagung kutanam.Net
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul cangkul yang dalam
Tanah yang longgar jagung kutanam.Net
c.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
d.
Membagikan Lembar Kerja yang harus diisi siswa
e.
Siswa dibagi dalam 7 kelompok
2. Kegiatan Inti
a.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang jenis akar dan
bagian – bagian akar
b.
Siswa diajak melakukan pembelajaran di luar kelas
c.
Siswa melakukan pengamatan tumbuhan yang ada di area
sekolah kemudian mengisi lembar kerja sesuai dengan prosedur yang tertera
d.
Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
pengamatan
e.
Siswa mendaftar
alat dan bahan yang di butuhkan
untuk melakukan kegiatan penanaman
3. Kegiatan Penutup :
a.
Sharing mengenai kegiatan yang telah dilakukan
b.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
c.
Doa penutup dan salam
Pertemuan ke-2
1. Kegiatan Pembuka
a.
Salam dan doa pembuka
b.
Guru membangkitkan motivasi siswa dengan bernyanyi (Menanam Jagung 2)
tBeri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita
c.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
d.
Membagikan Lembar Kerja yang berisi prosedur penanaman
e.
Siswa berkumpul bersama teman satu kelompok yang sudah
dibentuk pada pertemuan ke-1
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa mempersiapkan alat – alat untuk kegiatan
penanaman
b.
Siswa mempersiapkan bahan – bahan untuk kegiatan
penanaman
c.
Siswa melakukan kegiatan penanaman sesuai dengan
prosedur pada Lembar Kerja Siswa
3. Kegiatan Penutup
a.
Sharing mengenai kegiatan penanaman yang telah
dilakukan
b.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
c.
Doa penutup dan salam
Pertemuan ke-3
1. Kegiatan Pembuka
a.
Salam dan doa pembuka
b.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
c.
Siswa berkumpul bersama teman satu kelompok
d.
Siswa diajak melakukan pembelajaran di luar kelas
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa membongkar tanaman bayam dan kangkung dari pot
b.
Siswa mengamati akar tanaman bayam dan kangkung
c.
Siswa menamai akar sesuai dengan jenisnya (serabut dan
tunggang) beserta bagian – bagiannya (tudung akar, rambut akar, dan inti akar)
d.
Siswa membuat petunjuk kegiatan penanaman yang telah
dilakukan dengan memperhatikan kaedah penulisan yang tepat
3. Kegiatan Penutup
a.
Sharing mengenai kegiatan yang telah dilakukan
b.
Siswa mengerjakan soal evaluasi
c.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
d.
Doa penutup dan salam
H.
Sumber
Belajar :
1.
Media :
Pertemuan ke-1
·
Macam-macam tanaman di area sekolah
Pertemuan ke-2
·
Bahan penanaman
biji kangkung
biji bayam
·
Alat penanaman
Pertemuan ke-3
·
Tanaman yang akan dibongkar
tanaman kangkung
tanaman bayam
·
Akar tanaman yang dibongkar
akar kangkung
akar bayam
·
Bagian-bagian akar
2.
Referensi
Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk
SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas.
I.
LEMBAR KERJA
SISWA
Pertemuan ke-1
1.
Sebutkan jenis – jenis akar beserta contoh tanamannya!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
2.
Carilah 5 jenis tanaman yang ada di lingkungan sekolah
dan sebutkan ciri – cirinya!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3.
Tuliskan alat – alat apa yang dibutuhkan untuk
melakukan penanaman!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Pertemuan ke-2
Prosedur Penanaman
1.
Siapkanlah 2 pot!
2.
Berilah nama/label pada kedua pot!
3.
Masukkan 2 kerikil pada masing-masing pot!
4.
Timbanglah dan masukkanlah tanah seberat 250 gr ke
dalam masing-masing pot!
5.
Masukkan biji bayam pada pot pertama dan biji kangkung
pada pot kedua!
6.
Siramlah dengan air secukupnya!
7.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
tepat
a.
Jumlah kerikil pada kedua pot tersebut adalah ………
b.
Berat tanah pada kedua pot tersebut adalah ………gram
c.
Biji kacang tanah pada masing – masing pot adalah
………biji
d.
Biji jagung pada masing – masing pot adalah ………biji
Pertemuan
ke-3
1.
Gambarlah dan beri nama setiap bagian akar pada tanaman
:
a.
Bayam
|
b.
Kangkung
|
J.
Evaluasi
Lembar Evaluasi
1.
Jika tersedia 12 pot dan masing-masing pot berisi 5
biji jagung, hitunglah jumlah semua biji jagung!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
2.
Deny mempunyai 350 biji salak yang akan ditanam di
kebun. Deny akan menanam biji-biji salak tersebut pada 7 petak tanah. Berapa
biji salak yang ditanam pada setiap petak tanah?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3. Tia membeli 8 kantong plastik yang berisi biji jagung.
Setiap kantong plastik berisi 100 biji jagung. Biji-biji tersebut kemudian
dimasukkan pada 50 plastik polibag sama rata. Berapa jumlah biji jagung yang
terdapat pada dua plastik polibag?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
4.
Isilah tabel di bawah ini!
No
|
Nama tumbuhan
|
Jenis Akar
|
1.
|
Pohon mangga
|
…………………..
|
2.
|
Pohon pisang
|
…………………..
|
3.
|
Pohon rambutan
|
…………………..
|
4.
|
Sanseviera
|
…………………..
|
5.
|
Kacang tanah
|
…………………..
|
6.
|
Jagung
|
…………………..
|
7.
|
Bayam
|
…………………..
|
8.
|
Alang-alang
|
…………………..
|
9.
|
Pohon jambu
|
…………………..
|
10.
|
Teratai
|
…………………..
|
5.
Sebutkan dan jelaskan dua jenis akar yang kamu ketahui!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
6.
Gambarlah bagian-bagian akar secara umum dan jelaskan
fungsinya!
|
7.
Tuliskan petunjuk penanaman kangkung dengan kalimatmu
sendiri sesuai dengan kaedah yang berlaku!
a.
Alat dan bahan
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
b.
Cara kerja
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
No comments:
Post a Comment