Monday, June 25, 2012

RPP - Pembelajaran Terpadu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
(RPPT)



KELAS IV SEMESTER 1

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
(RPPT)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : IPA, Bahasa Indonesia, Matematika
Kelas/ Semester           : IV/ Gasal
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan
Tema                           : The Power of Root

A.           Standar Kompetensi :
1.    IPA
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
2.    Bahasa Indonesia
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
    percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
3.    Matematika
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam  
    pemecahan masalah
 B.            Kompetensi Dasar :
1.    IPA
2.1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.    Bahasa Indonesia
4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
       membuat sesuatu
3.    Matematika
1.3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian
 C.           Model Pembelajaran : Integrated
D.           Indikator :
·      Menyebutkan nama-nama tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
·      Mengamati struktur akar tumbuhan
·      Menjelaskan fungsi bagian-bagian akar tumbuhan
·      Menyebutkan jenis-jenis akar
·      Mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan jenis akarnya
·      Menanam tumbuhan dan melakukan perawatan
·      Melakukan operasi perkalian
·      Melakukan operasi pembagian
·      Membuat petunjuk penanaman dengan memperhatikan kaedah penulisan yang tepat
·      Bekerja sama dengan baik dalam kegiatan penanaman
 E.            Tujuan Pembelajaran :
·      Siswa mampu menyebutkan minimal 5 nama-nama tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah
·      Siswa mampu mengamati 2 struktur akar tumbuhan
·      Siswa mampu menjelaskan fungsi 3 bagian utama pada akar tumbuhan
·      Siswa mampu menyebutkan 2 jenis akar berdasarkan bentuknya
·      Siswa mampu mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan jenis akarnya
·      Siswa mampu menanam 2 tumbuhan dan melakukan perawatan
·      Siswa mampu melakukan operasi perkalian
·      Siswa mampu melakukan operasi pembagian
·      Siswa mampu membuat petunjuk penanaman dengan memperhatikan kaedah penulisan yang tepat
·      Siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam kegiatan penanaman
 F.            Materi Pembelajaran :
1.    IPA
Bagian dan fungsi akar tumbuhan
2.    Bahasa Indonesia
Petunjuk melakukan sesuatu
3.    Matematika
Operasi perkalian dan pembagian
G.           Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
1.    Kegiatan Pembuka :
a.    Salam dan doa pembuka
b.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan bernyanyi (Menanam Jagung 1)
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul cangkul cangkul yang dalam
Tanah yang longgar jagung kutanam.Net
c.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
d.   Membagikan Lembar Kerja yang harus diisi siswa
e.    Siswa dibagi dalam 7 kelompok
 2.    Kegiatan Inti
a.    Guru bertanya jawab dengan siswa tentang jenis akar dan bagian – bagian akar
b.    Siswa diajak melakukan pembelajaran di luar kelas
c.    Siswa melakukan pengamatan tumbuhan yang ada di area sekolah kemudian mengisi lembar kerja sesuai dengan prosedur yang tertera
d.   Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatan
e.    Siswa mendaftar  alat  dan bahan yang di butuhkan untuk melakukan kegiatan penanaman
 3.    Kegiatan Penutup :
a.    Sharing mengenai kegiatan yang telah dilakukan
b.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
c.    Doa penutup dan salam
  
Pertemuan ke-2
1.    Kegiatan Pembuka
a.    Salam dan doa pembuka
b.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan bernyanyi (Menanam Jagung 2)
tBeri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagungnya besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul cangkul aku gembira
Menanam jagung di kebun kita 
c.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
d.   Membagikan Lembar Kerja yang berisi prosedur penanaman
e.    Siswa berkumpul bersama teman satu kelompok yang sudah dibentuk pada pertemuan ke-1
 2.    Kegiatan Inti
a.    Siswa mempersiapkan alat – alat untuk kegiatan penanaman
b.    Siswa mempersiapkan bahan – bahan untuk kegiatan penanaman
c.    Siswa melakukan kegiatan penanaman sesuai dengan prosedur pada Lembar Kerja Siswa
 3.    Kegiatan Penutup
a.    Sharing mengenai kegiatan penanaman yang telah dilakukan
b.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
c.    Doa penutup dan salam

 Pertemuan ke-3
1.    Kegiatan Pembuka
a.    Salam dan doa pembuka
b.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
c.    Siswa berkumpul bersama teman satu kelompok
d.   Siswa diajak melakukan pembelajaran di luar kelas
 2.    Kegiatan Inti
a.    Siswa membongkar tanaman bayam dan kangkung dari pot
b.    Siswa mengamati akar tanaman bayam dan kangkung
c.    Siswa menamai akar sesuai dengan jenisnya (serabut dan tunggang) beserta bagian – bagiannya (tudung akar, rambut akar, dan inti akar)
d.   Siswa membuat petunjuk kegiatan penanaman yang telah dilakukan dengan memperhatikan kaedah penulisan yang tepat
 3.    Kegiatan Penutup
a.    Sharing mengenai kegiatan yang telah dilakukan
b.    Siswa mengerjakan soal evaluasi
c.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
d.   Doa penutup dan salam
 
H.           Sumber Belajar :
1.    Media :
Pertemuan ke-1
·      Macam-macam tanaman di area sekolah
   Pertemuan ke-2
·      Bahan penanaman
biji kangkung        
biji bayam
 ·      Alat penanaman
 Pertemuan ke-3
·      Tanaman yang akan dibongkar
tanaman kangkung
tanaman bayam
 ·      Akar tanaman yang dibongkar
akar kangkung
akar bayam
·      Bagian-bagian akar

2.    Referensi
Wahyono, Budi. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas.



I.              LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan ke-1
1.             Sebutkan jenis – jenis akar beserta contoh tanamannya!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
2.             Carilah 5 jenis tanaman yang ada di lingkungan sekolah dan sebutkan ciri – cirinya!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3.             Tuliskan alat – alat apa yang dibutuhkan untuk melakukan penanaman!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

 Pertemuan ke-2
Prosedur Penanaman
1.             Siapkanlah 2 pot!
2.             Berilah nama/label pada kedua pot!
3.             Masukkan 2 kerikil pada masing-masing pot!
4.             Timbanglah dan masukkanlah tanah seberat 250 gr ke dalam masing-masing pot!
5.             Masukkan biji bayam pada pot pertama dan biji kangkung pada pot kedua!
6.             Siramlah dengan air secukupnya!
7.             Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat
a.     Jumlah kerikil pada kedua pot tersebut adalah ………
b.    Berat tanah pada kedua pot tersebut adalah ………gram
c.     Biji kacang tanah pada masing – masing pot adalah ………biji
d.    Biji jagung pada masing – masing pot adalah ………biji
 
Pertemuan ke-3
1.             Gambarlah dan beri nama setiap bagian akar pada tanaman :
a.             Bayam

b.             Kangkung



J.             Evaluasi
Lembar Evaluasi
1.        Jika tersedia 12 pot dan masing-masing pot berisi 5 biji jagung, hitunglah jumlah semua biji jagung!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
2.             Deny mempunyai 350 biji salak yang akan ditanam di kebun. Deny akan menanam biji-biji salak tersebut pada 7 petak tanah. Berapa biji salak yang ditanam pada setiap petak tanah?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3.         Tia membeli 8 kantong plastik yang berisi biji jagung. Setiap kantong plastik berisi 100 biji jagung. Biji-biji tersebut kemudian dimasukkan pada 50 plastik polibag sama rata. Berapa jumlah biji jagung yang terdapat pada dua plastik polibag?
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
4.             Isilah tabel di bawah ini!
No
Nama tumbuhan
Jenis Akar
1.
Pohon mangga
…………………..
2.
Pohon pisang
…………………..
3.
Pohon rambutan
…………………..
4.
Sanseviera
…………………..
5.
Kacang tanah
…………………..
6.
Jagung
…………………..
7.
Bayam
…………………..
8.
Alang-alang
…………………..
9.
Pohon jambu
…………………..
10.
Teratai
…………………..
5.             Sebutkan dan jelaskan dua jenis akar yang kamu ketahui!
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
6.             Gambarlah bagian-bagian akar secara umum dan jelaskan fungsinya!

7.             Tuliskan petunjuk penanaman kangkung dengan kalimatmu sendiri sesuai dengan kaedah yang berlaku!
a.             Alat dan bahan
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
b.             Cara kerja
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................

No comments:

Post a Comment