Monday, June 25, 2012

RPP IPA berbasis Inkuiri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)
Kelas/ Semester          : I/1
Alokasi Waktu           : 2jp (2 x 35menit)

A.           Standar Kompetensi :
3.       Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan
          bentuk benda
B.            Kompetensi Dasar :
3.1     Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya
          melalui pengamatan
C.           Indikator :
·                Mengidentifikasi ciri-ciri benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bahan, dan permukaannya
D.           Tujuan :
·                Siswa mampu mengidentifikasi ciri 10 benda berdasarkan  bentuk, ukuran, warna, rasa, bahan, dan permukaannya melalui kegiatan pengamatan
E.            Materi : Ciri-ciri benda (terlampir)
F.            Metode : Guided Inquiry
G.           Kegiatan Pembelajaran :
Keterangan
Waktu
1.    Kegiatan Pembuka
·      Salam pembuka dan doa
·      Apersepsi: siswa diberi instruksi untuk melakukan kegiatan pengamatan secara berkelompok
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
10 menit
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
o  Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai nama-nama benda yang ada di ruang kelas
o  Siswa dalam kelompok diberi beberapa benda (misalnya spatula kayu, buah sarikaya, bunga melati, dan sendok logam)
o  Siswa secara berkelompok diminta untuk melakukan pengamatan terhadap benda-benda tersebut untuk menemukan perbedaannya
o  Siswa diminta menuliskan letak perbedaan benda di secarik kertas berwarna “pink”
Apa yang membuat benda tampak berbeda?
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
 Perkiraan hasil :
-       Warnanya
-       Letaknya
-       Panjangnya
-       Beratnya
-       Bentuknya
-       Besarnya
b.    Elaborasi
o  Siswa beradu pendapat mengenai perbedaan benda-benda tersebut
o  Siswa menemukan bahwa yang membedakan benda-benda tersebut adalah bentuk, ukuran, warna, rasa, bahan, dan permukaannya
o  Siswa diberi Lembar Kerja
(Guru sudah menyiapkan satu tempat khusus yang terdapat banyak benda yang sudah diberi label khusus)
o  Siswa secara berkelompok diminta untuk melakukan pengamatan di ruangan khusus yang sudah disiapkan guru dan mengisi lembar kerja
o  Setiap kelompok siswa mengajukan satu perwakilan untuk mempresentasikan hasil lembar kerjanya
c.    Konfirmasi
o  Siswa diberi koreksi apabila terjadi kekeliruan pemahaman konsep
o  Guru menanyakan kembali letak perbedaan benda-benda
55 menit
3.    Kegiatan Penutup
·      Siswa mengumpulkan LK
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
·      Doa dan salam penutup
5 menit

H.           Penilaian : Lembar Kerja Siswa (terlampir)
I.              Sumber Belajar :
1.             Buku sumber :
Purwati, Sri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas
(h.44-54)
2.             Media/Sarana :
Macam-macam benda

    
 Lampiran :
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Nama : …………

1.    Tuliskan judul yang sesuai untuk kegiatan yang kamu lakukan!
Judul : …………………………….

2.    Temukan 10 benda yang sudah diberi label khusus sesuai dengan nomor kelompokmu kemudian isilah titik-titik pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Bentuk
Ukuran
Bau
Rasa
Permukaan
Warna
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








 3.    Tuliskan kesimpulanmu :
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
4.    Pada saat apakah kamu menemukan benda-benda yang dikelompokkan dengan rapi?
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................


Lampiran :
Perkiraan Hasil
1.    Tuliskan judul yang sesuai untuk kegiatan yang kamu lakukan!
Judul : Pengelompokan benda
2.    Temukan 10 benda yang sudah diberi label khusus sesuai dengan nomor kelompokmu kemudian isilah titik-titik pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Bentuk
Ukuran
Bau
Rasa
Permukaan
Warna
1
Telur
Bulat
Telur lebih kecil dari bola basket
Amis
-
Halus
Putih
2
Jelly
Kubus
Jelly lebih besar dari permen
Harum
Manis
Halus
Hijau
3
Ikan
-
Ikan lebih besar dari jelly
Amis
-
Kasar
Hitam
4
Topi ulang tahun
Kerucut
Topi ultah lebih kecil dari caping
-
-
Halus
Biru
5
Lolipop
Bola
Lolipop lebih kecil dari jelly
Harum
Manis
Halus
Merah
6
Cabai
-
Cabai lebih kecil dari ikan
-
Pedas
Halus
Hijau
7
Susu kaleng
Tabung
Susu kaleng lebih besar dari telur
-
Manis
Halus
Cokelat
8
Salak
-
Salak lebih besar dari cabai
-
Manis
Kasar
Cokelat
9
Jeruk
Bulat
Jeruk lebih kecil dari susu kaleng
Harum
Masam
Kasar
Hijau
10
Saputangan
Segiempat
Saputangan lebih besar dari lolipop
-
-
Halus
Biru
3.    Tuliskan kesimpulanmu :
Benda-benda dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, bau, rasa, permukaan, dan warnanya.
4.    Pada saat apakah kamu menemukan benda-benda yang dikelompokkan dengan rapi?
Di pasar, semua barang yang dijual dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, bau, rasa, permukaan, dan warnanya.

No comments:

Post a Comment