RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)
Kelas/ Semester : I/1
Alokasi Waktu : 2jp (2 x 35menit)
A.
Standar Kompetensi :
3. Mengenal berbagai
sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan
bentuk benda
B.
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi benda yang
ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya
melalui pengamatan
C.
Indikator :
·
Mengidentifikasi ciri-ciri benda berdasarkan bentuk, ukuran,
warna, rasa, bahan, dan permukaannya
D.
Tujuan :
·
Siswa mampu mengidentifikasi ciri 10 benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bahan, dan
permukaannya melalui kegiatan pengamatan
E.
Materi : Ciri-ciri benda (terlampir)
F.
Metode : Guided Inquiry
G.
Kegiatan Pembelajaran :
Keterangan
|
Waktu
|
|||
1.
Kegiatan Pembuka
·
Salam pembuka dan doa
·
Apersepsi: siswa diberi instruksi untuk melakukan kegiatan
pengamatan secara berkelompok
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
|
10 menit
|
|||
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
o Siswa dan guru melakukan
tanya jawab mengenai nama-nama benda yang ada di ruang kelas
o Siswa dalam kelompok diberi
beberapa benda (misalnya spatula kayu, buah sarikaya, bunga melati, dan
sendok logam)
o Siswa secara berkelompok
diminta untuk melakukan pengamatan terhadap benda-benda tersebut untuk
menemukan perbedaannya
o Siswa diminta menuliskan
letak perbedaan benda di secarik kertas berwarna “pink”
Perkiraan hasil :
b. Elaborasi
o Siswa beradu pendapat
mengenai perbedaan benda-benda tersebut
o Siswa menemukan bahwa yang
membedakan benda-benda tersebut adalah bentuk,
ukuran, warna, rasa, bahan, dan permukaannya
o Siswa diberi Lembar Kerja
(Guru sudah menyiapkan
satu tempat khusus yang terdapat banyak benda yang sudah diberi label khusus)
o Siswa secara berkelompok
diminta untuk melakukan pengamatan di ruangan khusus yang sudah disiapkan
guru dan mengisi lembar kerja
o Setiap kelompok siswa
mengajukan satu perwakilan untuk mempresentasikan hasil lembar kerjanya
c. Konfirmasi
o Siswa diberi koreksi apabila
terjadi kekeliruan pemahaman konsep
o Guru menanyakan kembali letak
perbedaan benda-benda
|
55 menit
|
|||
3.
Kegiatan Penutup
·
Siswa mengumpulkan LK
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
·
Doa dan salam penutup
|
5 menit
|
H.
Penilaian : Lembar Kerja Siswa (terlampir)
I.
Sumber Belajar :
1.
Buku sumber :
Purwati,
Sri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1.
Jakarta: Pusbuk-Depdiknas
(h.44-54)
2.
Media/Sarana :
Macam-macam
benda
Lampiran :
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Nama : …………
1. Tuliskan judul yang sesuai
untuk kegiatan yang kamu lakukan!
Judul : …………………………….
2. Temukan 10 benda yang sudah
diberi label khusus sesuai dengan nomor kelompokmu kemudian isilah titik-titik
pada tabel di bawah ini!
No
|
Nama Benda
|
Bentuk
|
Ukuran
|
Bau
|
Rasa
|
Permukaan
|
Warna
|
1
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
2
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
4
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
5
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
6
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
7
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
8
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
9
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
10
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3. Tuliskan kesimpulanmu :
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
4. Pada saat apakah kamu
menemukan benda-benda yang dikelompokkan dengan rapi?
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
Lampiran :
Perkiraan Hasil
1. Tuliskan judul yang sesuai
untuk kegiatan yang kamu lakukan!
Judul : Pengelompokan
benda
2. Temukan 10 benda yang sudah
diberi label khusus sesuai dengan nomor kelompokmu kemudian isilah titik-titik
pada tabel di bawah ini!
No
|
Nama Benda
|
Bentuk
|
Ukuran
|
Bau
|
Rasa
|
Permukaan
|
Warna
|
1
|
Telur
|
Bulat
|
Telur
lebih kecil dari bola basket
|
Amis
|
-
|
Halus
|
Putih
|
2
|
Jelly
|
Kubus
|
Jelly
lebih besar dari permen
|
Harum
|
Manis
|
Halus
|
Hijau
|
3
|
Ikan
|
-
|
Ikan
lebih besar dari jelly
|
Amis
|
-
|
Kasar
|
Hitam
|
4
|
Topi
ulang tahun
|
Kerucut
|
Topi
ultah lebih kecil dari caping
|
-
|
-
|
Halus
|
Biru
|
5
|
Lolipop
|
Bola
|
Lolipop
lebih kecil dari jelly
|
Harum
|
Manis
|
Halus
|
Merah
|
6
|
Cabai
|
-
|
Cabai
lebih kecil dari ikan
|
-
|
Pedas
|
Halus
|
Hijau
|
7
|
Susu
kaleng
|
Tabung
|
Susu
kaleng lebih besar dari telur
|
-
|
Manis
|
Halus
|
Cokelat
|
8
|
Salak
|
-
|
Salak
lebih besar dari cabai
|
-
|
Manis
|
Kasar
|
Cokelat
|
9
|
Jeruk
|
Bulat
|
Jeruk
lebih kecil dari susu kaleng
|
Harum
|
Masam
|
Kasar
|
Hijau
|
10
|
Saputangan
|
Segiempat
|
Saputangan
lebih besar dari lolipop
|
-
|
-
|
Halus
|
Biru
|
3. Tuliskan kesimpulanmu :
Benda-benda
dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, bau, rasa, permukaan, dan warnanya.
4. Pada saat apakah kamu
menemukan benda-benda yang dikelompokkan dengan rapi?
Di pasar,
semua barang yang dijual dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, bau, rasa,
permukaan, dan warnanya.
No comments:
Post a Comment