PENILAIAN UNJUK
KERJA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/2
A.
Standar Kompetensi :
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
pengalaman secara lisan dengan
bertelepon, dan bercerita.
B.
Kompetensi Dasar :
6.2
Menceritakan peristiwa yang pernah
dialami, dilihat, atau didengar.
C.
Indikator :
·
Menceritakan
satu peristiwa menyenangkan yang pernah dialami dalam kehidupan sehari-hari.
D. Aspek
:
Keterampilan
Berbicara
E.
Format Penilaian Unjuk Kerja :
No
|
Nama Siswa
|
Pengucapan
|
Tata Bahasa
|
Kosakata
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian :
Skor Maksimum = 15
Konversi Nilai :
skor yang didapatkan x 100 = ...
skor maksimum
Kriteria dalam
penilaian :
- Pengucapan
o
5
= Mudah dipahami dan memiliki aksen
penutur asli
o
4
= Mudah dipahami meskipun dengan aksen
tertentu
o
3
= Ada masalah pengucapan yang membuat
pendengar harus
konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
o
2
= Sulit dipahami karena ada masalah
pengucapan serius sehingga tidak
bisa dipahami
o
1 = Masalah pengucapan serius sehingga tidak
bisa dipahami
- Tata Bahasa
o
5 = Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
o
4 = Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa
tetapi tidak
mempengaruhi makna
o
3
= Sering membuat kesalahan tata bahasa
yang mempengaruhi makna
o
2 = Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat
makna dan sering
menata ulang kalimat
o
1 = Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga
sulit dipahami
- Kosakata
o
5 = Menggunakan kosakata dan ungkapan seperti
penutur asli
o
4 = Kadang-kadang menggunakan kosakata yang
tidak tepat dan harus
menjelaskan
gagasan karena kosakata tidak memadai
o
3 = Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat,
percakapan menjadi
terbatas karena keterbatasan kosakata
o
2 = Menggunakan kosakata secara salah dan
kosakata terbatas sehingga
sulit dipahami
o
1 = Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi
good...
ReplyDelete