Monday, June 25, 2012

Contoh PENILAIAN UNJUK KERJA


PENILAIAN UNJUK KERJA

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : III/2

A.        Standar Kompetensi :
Berbicara
6.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan
        bertelepon, dan bercerita.

B.        Kompetensi Dasar :
6.2   Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar.

C.        Indikator :
·                Menceritakan satu peristiwa menyenangkan yang pernah dialami dalam kehidupan sehari-hari.

D.       Aspek :
Keterampilan Berbicara

E.        Format Penilaian Unjuk Kerja :
No
Nama Siswa
Pengucapan
Tata Bahasa
Kosakata
Skor
Nilai
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
1.


















2.


















3.


















4.


















5.



















dst…

















Keterangan Penilaian :
Skor Maksimum = 15
Konversi Nilai : 
    skor yang didapatkan x 100 = ...
        skor maksimum
Kriteria dalam penilaian :
  • Pengucapan
o  5 = Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli
o  4 = Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
o  3 = Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus
       konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
o  2 = Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan serius sehingga tidak
       bisa dipahami
o  1  = Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami
  • Tata Bahasa
o  5  = Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
o  4  = Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak
       mempengaruhi makna
o  3 = Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
o  2  = Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering
       menata ulang kalimat
o  1  = Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami
  • Kosakata
o  5  = Menggunakan kosakata dan ungkapan seperti penutur asli
o  4  = Kadang-kadang menggunakan kosakata yang tidak tepat dan harus
       menjelaskan gagasan karena kosakata tidak memadai
o  3  = Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat, percakapan menjadi
       terbatas karena keterbatasan kosakata
o  2  = Menggunakan kosakata secara salah dan kosakata terbatas sehingga
       sulit dipahami
o  1  = Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi

1 comment: