RPP BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester :
II/Genap
Mata Pelajaran :
IPA, Bahasa Indonesia, PKn
Tema :
Hemat Energi
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
- IPA
3. Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya
- Bahasa Indonesia
7. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
- PKn
4. Menampilkan
nilai-nilai Pancasila
B.
Kompetensi Dasar
- IPA
3.2 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
- Bahasa Indonesia
7.2 Menyebutkan
isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
- PKn
4.2 Melaksanakan
perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari
C.
Indikator
- Kognitif
1.
Menyebutkan kegunaan energi matahari pada kehidupan
sehari-hari
2.
Menyebutkan
kegunaan energi listrik pada kehidupan sehari-hari
3.
Menyebutkan cara
menghemat energi listrik
- Afektif
1.
Bekerjasama
dalam kelompok dengan baik
- Psikomotorik
1.
Menuliskan kegunaan
energi matahari pada kehidupan sehari-hari
2.
Menuliskan
nama-nama benda yang menggunakan energi listrik
D.
Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
1.
Siswa mampu menyebutkan kegunaan energi matahari pada kehidupan
sehari-hari
2.
Siswa mampu menyebutkan
kegunaan energi listrik pada kehidupan sehari-hari
3.
Siswa mampu menyebutkan
cara menghemat energi listrik
- Afektif
1.
Siswa mampu bekerjasama
dalam kelompok dengan baik
- Psikomotorik
1.
Siswa mampu menuliskan
kegunaan energi matahari pada kehidupan sehari-hari
2.
Siswa mampu menuliskan
nama-nama benda yang menggunakan energi listrik
E.
Materi Pembelajaran
Pemanfaatan energi matahari dan energi listrik
Nilai Kemanusiaan :
Menghargai pendapat orang lain, kerjasama
F.
Metode Pembelajaran
Cooperative
Learning
G.
Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pembuka (5
menit)
·
Siswa membuka
pelajaran dengan berdoa
·
Guru melakukan
presensi harian
·
Guru dan siswa
bersama-sama menyanyikan lagu “Pemandangan”
·
Guru bertanya
kepada siswa tentang kegiatan yang dilakukan siswa sehari-hari
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·
Siswa dibagi ke
dalam 4 kelompok (Merah, Kuning, Hijau, Biru)
2.
Kegiatan Inti (25
menit)
a.
Eksplorasi (10
menit)
·
Siswa berkumpul
bersama anggota kelompok
·
Guru membagikan
gambar-gambar yang berkaitan dengan energi dan pemanfaatannya
o Kelompok Merah :
pemanfaatan energi matahari
o Kelompok Kuning :
situasi tanpa matahari
o Kelompok Hijau :
pemanfaatan energi listrik
o Kelompok Biru :
situasi tanpa listrik
·
Siswa secara
berkelompok melakukan pengamatan dan mendiskusikan cerita dari gambar yang
disajikan oleh guru
b.
Elaborasi (10
menit)
·
Siswa secara
berkelompok mengisi lembar hasil diskusi
·
Perwakilan
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Guru meminta
siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan (apabila tidak ada, maka
guru yang akan memberikan tanggapan)
c.
Konfirmasi (5
menit)
·
Siswa bersama
guru berdiskusi tentang pentingnya energi matahari dan energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari
·
Siswa diberi
pertanyaan lisan tentang pemanfaatan energi matahari dan energi listrik dalam
kehidupan sehari-hari, dikerjakan pada kertas kemudian dikumpulkan.
·
Siswa
merefleksikan pengalaman belajar hari ini dengan menggambar perasaannya ketika
belajar dan menuliskan satu sikap untuk menghemat energi listrik di rumahnya
3.
Kegiatan Penutup (5
menit)
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan selanjutnya
·
Siswa menutup
pelajaran dengan berdoa
H.
Media Pembelajaran
Ø Gambar-gambar tentang pemanfaatan energi matahari
dan energi listrik
(Terlampir)
I.
Life skill
Keterampilan menghemat
energi listrik di rumah
J.
Penilaian
Ø Kognitif: Tes Lisan
Contoh soal:
1.
Sebutkan
kegunaan energi matahari pada kehidupan sehari-hari!
2.
Apa yang akan
terjadi jika tidak ada matahari?
3.
Sebutkan
benda-benda yang menggunakan energi listrik pada kehidupan sehari-hari!
4.
Apa yang akan
terjadi jika tidak ada listrik?
Jawaban:
1.
Untuk menjemur
baju, mengawetkan ikan laut, menjemur padi agar kering.
2.
Gelap, tidak
bisa menjemur baju.
3.
Setrika, kipas
angin, lemari es, televisi.
4.
Malam hari tidak
bisa melihat, tidak bisa belajar
Ø Afektif
Skala sikap (Terlampir)
Ø Psikomotorik (Terlampir)
K.
Sumber Bahan
Anwar, Sjaeful. 2008. Mari, belajar ilmu pengetahuan alam 2: untuk
kelas II/SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Rositawaty, S. 2008. Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2:
untuk Kelas II Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Sulistyanto, Heri.
2008. Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD dan MI kelas II. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
*pada postingan ini juga saya sertakan file yang berisi lampiran materi dan penilaian lengkap dengan pedoman skoring. Jika berminat silakan klik link berikut: RPPH
makasih kak, untuk contoh RPP nya....
ReplyDeleteudah dpt tugas buat RPP ya? semangattt!!!
ReplyDeletedisini msh banyak contoh RPP..
betul banyak rrp berbasis ppr tapi susah didonloadnya!!
ReplyDelete