Sunday, September 2, 2012

SILABUS IPS KELAS 6 SD


S I L A B U S

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester          : VI/ Genap
Alokasi Waktu            : 10 jp (10 x 35 menit)
Standar Kompetensi   : 3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.2 Mengenal
     manfaat   
     ekspor
     dan impor di
     Indonesia   
     sebagai 
     kegiatan 
     ekonomi antar
     bangsa
Kegiatan ekspor di Indonesia
§ Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri
§ Siswa menjelaskan dan memberi contoh kegiatan ekspor yang ada di Indonesia
§ Menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi
§ Menyebutkan barang yang diekspor oleh Indonesia
§ Menjelaskan pengertian ekspor
§ Memberikan contoh pihak-pihak yang berperan dalam kegiatan ekspor
A.  Jenis :
Tes

B.  Teknik :
Tes tertulis

C.  Pedoman Nilai Akhir :
 
E    = Evaluasi
UK = Uji Kompetensi
2 jp
(2 x 35 menit)
A.  Buku Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 125-126)
B.  Media/ Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
Kegiatan impor di Indonesia
§ Siswa menjelaskan dan memberi contoh kegiatan impor yang ada di Indonesia
§ Menyebutkan barang yang diimpor oleh Indonesia
§ Menjelaskan pengertian impor
§ Memberikan contoh pelaku dalam kegiatan impor
2 jp
(2 x 35 menit)
A.  Buku Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 130-131)
B.  Media/ Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
Pelaku serta komoditas ekspor dan impor di Indonesia
§ Siswa menjelaskan pelaku ekspor dan impor serta mengelompokkan komoditas ekspor dan impor di Indonesia
§ Mengelompokkan komoditas ekspor Indonesia (migas dan non-migas)
§ Menggolongkan komoditas impor Indonesia ke dalam kategori barang modal, baku, konsumsi, dan minyak bumi
§ Menemukan perbedaan importir umum, importir terbatas, dan importir produsen berdasarkan izin yang dimilikinya
2 jp
(2 x 35 menit)
A.  Buku Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 127-129; 131-132)
B.  Media/ Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
Manfaat dan kerugian kegiatan ekspor dan impor
§ Siswa mendiskusikan manfaat dan kerugian kegiatan ekspor dan impor
§ Menemukan manfaat dan kerugian kegiatan ekspor
§ Menemukan manfaat dan kerugian kegiatan impor
2 jp
(2 x 35 menit)
A.  Buku Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 133-135)
B.  Media/ Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
Cara mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
§ Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk menemukan cara untuk mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
§ Siswa menulis tegak bersambung cara untuk mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
§ Merancang gagasan ide kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
§ Bekerja sama dalam merancang gagasan ide kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
§ Menulis tegak bersambung gagasan ide kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
2 jp
(2 x 35 menit)
A.  Buku Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 133-135)
web.id/2009/03/ asuransi-ekspor-impor.html
B.  Media/ Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran

1 comment:

  1. thanks infonya.

    Ayo ikuti cerdas cermat Online se-Jawa timur seri 2, dengan banyak hadiah jutaan rupiah dan juga ada tablet PC dan lain lain, kompetisinya garatis tidak di pungut biaya sepeser pun.

    ReplyDelete