S I L A B U S
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester : VI/ Genap
Alokasi Waktu : 10 jp (10 x 35 menit)
Standar Kompetensi : 3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era
global
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.2
Mengenal
manfaat
ekspor
dan impor di
Indonesia
sebagai
kegiatan
ekonomi antar
bangsa
|
Kegiatan ekspor di Indonesia
|
§ Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk
kegiatan pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri
§ Siswa menjelaskan dan memberi contoh
kegiatan ekspor yang ada di Indonesia
|
§ Menyebutkan macam-macam kegiatan ekonomi
§ Menyebutkan barang yang diekspor oleh
Indonesia
§ Menjelaskan pengertian ekspor
§ Memberikan contoh pihak-pihak yang
berperan dalam kegiatan ekspor
|
A. Jenis
:
Tes
B. Teknik
:
Tes tertulis
C. Pedoman
Nilai Akhir :
E = Evaluasi
UK = Uji Kompetensi
|
2 jp
(2 x 35 menit)
|
A. Buku
Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 125-126)
B. Media/
Sarana
§ Gambar
§
Artikel
koran
|
Kegiatan impor di Indonesia
|
§ Siswa menjelaskan dan memberi contoh
kegiatan impor yang ada di Indonesia
|
§ Menyebutkan barang yang diimpor oleh
Indonesia
§ Menjelaskan pengertian impor
§
Memberikan
contoh pelaku dalam kegiatan impor
|
2 jp
(2 x 35 menit)
|
A. Buku
Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 130-131)
B. Media/
Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
|
||
Pelaku serta komoditas ekspor dan impor di Indonesia
|
§ Siswa menjelaskan pelaku ekspor dan
impor serta mengelompokkan komoditas ekspor dan impor di Indonesia
|
§ Mengelompokkan komoditas ekspor
Indonesia (migas dan non-migas)
§ Menggolongkan komoditas impor Indonesia
ke dalam kategori barang modal, baku, konsumsi, dan minyak bumi
§ Menemukan perbedaan importir umum,
importir terbatas, dan importir produsen berdasarkan izin yang dimilikinya
|
2 jp
(2 x 35 menit)
|
A. Buku
Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 127-129; 131-132)
B. Media/
Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
|
||
Manfaat dan kerugian kegiatan ekspor dan impor
|
§ Siswa mendiskusikan manfaat dan kerugian
kegiatan ekspor dan impor
|
§ Menemukan manfaat dan kerugian kegiatan
ekspor
§ Menemukan manfaat dan kerugian kegiatan
impor
|
2 jp
(2 x 35 menit)
|
A. Buku
Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 133-135)
B. Media/
Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
|
||
Cara mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
|
§ Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk
menemukan cara untuk mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
§ Siswa menulis tegak bersambung cara
untuk mengantisipasi kerugian ekspor dan impor di Indonesia
|
§ Merancang gagasan ide kegiatan
pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa
mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
§ Bekerja sama dalam merancang gagasan ide
kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa
mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
§ Menulis tegak bersambung gagasan ide kegiatan
pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri yang bisa
mengantisipasi kerugian ekspor dan impor
|
2 jp
(2 x 35 menit)
|
A. Buku
Sumber
Julianto, Arif. 2007. IPS untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusbuk, Depdiknas.
(h. 133-135)
web.id/2009/03/ asuransi-ekspor-impor.html
B. Media/
Sarana
§ Gambar
§ Artikel koran
|
thanks infonya.
ReplyDeleteAyo ikuti cerdas cermat Online se-Jawa timur seri 2, dengan banyak hadiah jutaan rupiah dan juga ada tablet PC dan lain lain, kompetisinya garatis tidak di pungut biaya sepeser pun.